Tunjangan ASN Morotai Hilang


Ilustrasi ASN.(ist)

DARUBA - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, terancam disanksi tidak terima tunjangan kerja menyusul tingkat disiplin kerja menurun.

Sekertaris Daerah (Sekda) Pulau Morotai, Muhammad M. Kharie kepada koran ini mengatakan, berdasarkan data yang diterima, banyak ASN yang tidak berkantor dan malas melaksanakan tanggungjawabnya selama pandemi covid-19 terjadi.

Memang kata Sekda, awalnya aktivitas bekerja dibatasi saat pandemi melanda. Namun setelah kebijakan protokol kesehatan diterapkan khusus aktivitas kerja di Pemda Pulau Morotai, banyak ASN yang sengaja tidak mematuhi aturan tersebut dengan tidak menjalankan kewajiban sebagai ASN, seperti bolos bekerja dan itu dilakukan cukup lama.

"Edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah jelas terkait pemberian sanksi kepada ASN yang sengaja tidak menjalankan kewajiban selama pandemi, sanksi mulai dari tidak diberikan tunjangan. Untuk tunjangan kita sesuaikan dengan tingkat disiplin serta kerja ASN, jika malas tidak akan diberikan. Selain itu, jika pelanggaran ASN berat, maka sanksinya akan dipecat. Sanksi itu sesuai aturan dan edaran dari Kemendagri," tegas Sekda menutup.(tr04/lid)