Bandara Pitu Morotai Tetap Beroperasi selama Masa Larangan Mudik

Bandara Pitu Morotai. (istimewa)

Daruba, malutpost.id --  Banda Udara Pitu Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara tetap beroperasi selama periode larangan mudik lebaran Idul Fitri pada 6-17 Mei 2021.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Bandara Pitu Morotai, Suroso mengatakan, sesuai intruksi dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) pihaknya tidak akan menutup bandara dan rute penerbangan. "Kalau bandara kita tetap operasional tidak ada bandara close tetap siap, kami diintruksikan dari Kemenhub juga tidak ada bandara tutup,"ujar Suroso saat temui diruang kerjanya Jumat, (30/4/2021).

Di ungkapkannya, dari pihak bandara sampai saat ini belum menerima surat edaran larangan mudik dari provinsi. Namun, surat edaran larangan mudik bagi pegawai sudah lama keluar dari Kemenhub. "Kemungkinan bandara sih tidak tutup hanya penerbangan saja yang mungkin ada los atau lihat situasi atau mungkin ada pengangkutan barang kargo atau segala macam lah,"ucapnya.

Untuk penumpang sampai saat ini, lanjut Suroso masih stabil, masih diatas 60 sampai 80 persen jumlah dari penumpang. Dia juga berharap kedepan penerbangan untuk maskapai Wings Air bisa dilakukan setiap hari. "Mudahan-mudahan ke depan Wings Air bisa setiap hari sekarang ini kan baru Senin, Rabu, Jumat dan Minggu, kalaupun ada cansel biasa itu karena ada gunung itu kelurkan abu vulkanik itu, ke depan semoga sehari bisa dua kali penerbangan,"tutupnya. (cr-04)


_

Peliput : Sofyan Togubu

Editor   : Ikram Salim