ASN Minta Bupati Kembalikan Hak


DEMO: Sejumlah ASN saat melakukan aksi demo di depan kantor bupati Pulau Morotai, Senin (24/5).(ist)

DARUBA - Janji Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, untuk gelar aksi pada Senin (24/5), akhirnya dipenuhi. Aksi demo yang dilaksanakan di depan kantor Bupati Pulau Morotai itu, diikuti oleh puluhan ASN lengkap dengan pakaian dinas. Dalam aksinya, ASN meminta kepada Bupati agar segera menjalankan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Ambon. Dimana Pemda Morotai yang kalah dalam sidang tersebut, harus melaksanakan seluruh putusan dan rekomendasi dari pemerintah pusat, baik dari KASN, BAPEK serta Ombudsman.

Selain itu, ASN juga mendesak kepada bupati, untuk mengembalikan nama baik dan hak-hak seluruh ASN, dimana saat ini masih memegang jabatan akibat penerapan sanksi (phunisment) yang tidak berdasarkan hukum. "Kami minta bupati segera merealisasi tuntutan kami, karena itu telah memiliki kekuatan hukum," tegas Mustafa Lasidji, koordinator masa aksi.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan ASN yang melakukan demo, kemudian diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Pulau Morotai, Andrias Thomas. "Tuntutan ASN telah saya terima dan pelajari, selanjutnya akan disampaikan ke pimpinan," kata Sekda. Terpisah, Kepala bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemda Pulau Morotai, Takdir Abd Aziz, mengaku, aksi itu dilakukan oleh sebagian ASN saja, jadi bukan mewakili ASN secara keseluruhan di Kabupaten Pulau Morotai. "Sangat jelas demo dilakukan secara pribadi dan tuntutan mereka juga secara pribadi. Prinsipanya kalau mereka ASN, maka mereka harus menjalankan kewajiban sebagai ASN dengan mematuhi kebijakan pimpinan. Perlu diketahui, mereka ini telah ditempatkan disejumlah kecematan. Maka sebagai abdi negara, kewajiban mereka harus dijalankan dengan melayani masyarakat, sebab mereka itu digaji," tegas Takdir menutup.(cr-04/lid)