Diundang Unkhair, Taufik Madjid Paparkan Strategi Pemulihan Ekonomi Desa

Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid saat menjadi pembicara di sarasehan Pembangunan Perdesaan Maluku Utara, di Aula Kantor Bupati Halbar, Kamis (8/4/2021). (istimewa)

Jailolo, malutpost.id -- Di tengah kesibukannya sebagai pejabat strategis level kementerian, Taufik Madjid masih meluangkan waktu untuk menghadiri rangkaian Dies Natalis Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Sekretaris Jenderal Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) ini tampil sebagai pembicara pada sarasehan bertajuk “Pembangunan Perdesaan Maluku Utara", yang digelar di Aula Kantor Bupati Halmahera Barat, Kamis (8/4). Acara ini merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis Unkhair ke-57.

Sekjen Taufik Madjid (kanan), Bupati Halbar James Uang (tengah), Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Usaha Diah Anugrah Febriansah, menandatangani Surat Pernyataan Komitmen dan Dukungan Bersama tentang penyediaan layanan telekomunikasi dan informasi di wilayah BUMDes Kabupaten Halbar.

Dalam kesempatan itu, putra Maluku Utara itu memaparkan empat strategi pemulihan ekonomi desa. Menurut Mantan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), kemendes ini, ada empat strategi pemulihan ekonomi Desa, yakni revitalisasi BUMDes, digitalisasi ekonomi desa, ketahanan pangan, dan padat karya tunai desa.

Rivitalisasi BUMDes misalnya, menurut Taufik, langkah ini strategis karena saat ini sekitar 50 desa memiliki BUMDes dengan core bisnis desa wisata dan produk unggulan. Sementra strategi ekonomi digital desa, pihaknya menggandeng e-commerce global. “Melalui Platform ini, produk unggulan desa bisa dipasarkan secara digital dan semakin luas, dengan menggandeng e-Commerce global,” jelas mantan Kadis Perhubungan Malut ini.

Suasana penyambutan Sekjen Kemendes PDTT di Halmahera Barat. (istimewa)

Sebelumnya, Taufik tiba di Ternate Rabu (7/4) kemarin. Kamis pagi tadi, Taufik bersama rombongan menuju ke Jailolo Halmahera Barat. Dia disambut Bupati Halbar, James Uang.

Selain sebagai pembicara, Taufik juga menandatangani kerja sama tiga lembaga penyediaan layanan telekomunikasi dan informasi melalui pengembangan konektivitas internet di wilayah BUMDes Kabupaten Halmahera Barat. Hadir juga dalam kesempatan ini, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Usaha, Diah Anugrah Febriansah. (hum/yun)


-

Peliput : Tim

Editor   : Hayun Umamit