Pengelolaan Industri Pertambangan

Pengelolaan Industri Pertambangan Yang Baik Dan Benar Dengan Good Mining Practice, Oleh: Herlangga Mulya Ramadan

Di era Globalisasi dan Reformasi sekarang ini, beberapa perubahan tuntutan sudah menjadi kewajiban kita dalam melaksanakan aktifitas pembangunan. Tuntutan tersebut wajib diperhatikan dalam melaksanakan aktifitas atau kegiatan di dunia pertambangan, dimana dalam melaksanakan aktifitas pertambangan tersebut kita harus melaksanakannya secara baik dan benar. Banyak hal yang mendasari mengapa perlu dilakukannya penambangan yang baik dan benar sala satu di antaraya adalah: Permasalahan umum tambang di Indonesia yakni kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pengelola tambang yang meninggalkan lahan pertambanga begitu saja setelah tidak produktif lagi. Padahal semestinya pengelola tambang mengusahakan pembangunan berkelanjutan bagi warga di sekitar lokasi tambang.

Oleh karena itu di perlukan untuk menegakan HAM dan menghargai budaya, tatanan adat, serta tatanan nilai dalam setiap hubungan dengan pemangku kepentingan. Hal tersebut harus memenuhi beberapa prinsip-prinsip penting, yaitu keadilan, integritas, kebenaran, kebaikan, keindahan dan kedamaian. Maka dari itu, Good Mining Practice sangat di perlukan dalam dunia pertambangan karena hal tersebut sangat mentaati aturan, terencana dengan baik, menerapkan teknologi yang sesuai yang berlandaskan pada efektifitas dan efisiensi, melaksanakan konservasi bahan galian, mengendalikan dan memelihara fungsi lingkungan, menjamin keselamatan kerja, dan partisipasinya masyarakat, menghasilkan nilai tambah, meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan masyarakat sekitar serta menciptakan pembangunan yang berlanjutan dan makmur.

Aspek-aspek Good Mining Practice seperti Perizinan dan Aspek Legalitas Pertambangan merupakan hal yang baik dalam kegiatan pertambangan karena mematuhi ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di daerah atau negara tempat aktivitas pertambangan tersebut dilaksanakan. Dalam praktik pertambangan yang baik harus sinkron antara kepentingan pembuat regulasi dan kepentingan pemegang izin usaha pertambangan (IUP). Pemerintah harus mampu memberikan kepastian dan kejelasan mengenai peraturan dan kebijakan pertambangan pada satu sisi, sementara pemegang izin usaha pertambangan harus mentaati peraturan dan kebijakan yang diberlakukan di tempat tersebut pada sisi yang lain.

Teknik pertambangan yang baik dapat dilakukan apabila didalam aktifitas pertambangan tersebut dilakukan hal-hal sebagai berikut : - Eksplorasi - Perhitungan cadangan layak tambang - Studi kelayakan - Teknik dan sistem tambang serta proses pengolahan/pemurnian - Teknik konstruksi dan pemilihan peralatan harus tepat guna - Sistem pengangkutan bahan tambang - Produksi hendaknya disesuaikan dengan jumlah ketersediaan cadangan dan spesifikasi Praktik pertambangan yang baik sangat memperhatikan keselamatan dan kesehatan pekerjanya. Dalam hal ini, perusahaan berkewajiban meliputi pembinaan, pelatihan atau pendidikan dan melakukan kontrol terhadap pelaksanaan yang berkaitan dengan upaya meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja. Lingkungan Aktivitas pertambangan yang selalu menunjukkan kepedulian terhadap dampak lingkungan.

Dalam eksplorasi, perencanaan dan design produksi, pemilihan metode dan teknologi, penempatan-penempatan bangunan pendukung,pengelolaan tailing, reklamasi dan pasca eksploitasi hendaknya benar-benarmemperhatikan aspek lingkungan. Penerapan good mining practice akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagimasyarakat, perusahaan, pemerintah, dan lingkungan. Perusahaan mendapatkan keuntungan yang maksimal secara aman, masyarakat merasakan peningkatan kesejateraannya, pemerintah tidak kesulitan dalam pengawasan dan penerapan peraturan,dan lingkungan masih produktif. Sebaliknya jika pertambangan tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka akan berakibat kesulitan dalam melakukan kegiatan, hasil dari pertambangan tidak akan efesien dan ekonimis, prodiksi barang tambang akan tersedak, dan kemungkinan terjadinya kecelakaan tambang akan tinggi.

"Seorang penulis mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Pertambangan Universitas Khairun Ternate "