Pengembangan Pariwisata Pulau Morotai melalu Kegiatan Paradiplomasi dengan Korea Selatan

Ilustrasi Lokasi Pariwisata

Pengembangan pariwisata merupakan strategi dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal ini dikarenakan sector pariwisata telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam menjawab permasalahan kemiskinan suatu negara. Selain itu juga dengan pengembangan pariwisata juga dapat meningkatkan ekspor, meningkatkan jumlah destinasi dan investasi serta dapat memperkenalkan potensi suatu daerah.

Melihat banyaknya peluang usaha dan keuntungan yang didapat dari industry pariwisata, saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan kegiatan promosi tentang pariwisata daerah dan membangun kerjasama dengan negara lain. Salah satu upaya pemerintah untuk memperkenalkan wisata Indonesia ke dunia yakni dengan menetapkan 10 Bali baru Indonesia dengan diberlakukannya KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Pulau Morotai menjadi salah satu dari daftar tujuan wisata 10 Bali baru di Indonesia.

Terdapat begitu banyak tempat dan pilihan wisata yang sangat cocok untuk berwisata di pulau Morotai seperti; Wisata Tirta/Bahari yang mana keindahan laut di Pulau Morotai sudah tidak diragukan lagi. Kita dapat melakukan diving, snorkling, memancing, olahraga air bahkan wahana wisata seperti banana boat, parasailing, dll. Salah satu tempat yang paling bagus di Morotai adalah pulau Dodola. Sekitaran pulau SumSum, Ngele-Ngele Besar, Koloroi, Rao dan Lungu-Lungu.

Adapun Wisata Pantai yang sangat indah dan dapat kunjungi saat ingin sunbathing, menikmati sunrise/sunset, berenang atau olahraga pantai. Selain itu Pulau Morotai juga memiliki Wisata Budaya yang berdaya tarik tersendiri untuk dikembangkan seperti kerajinan, living culture, tarian, kesenian, dll. Terakhir Pulau Morotai juga dapat dijadikan sebagai Wisata Sejarah Dikarenakan pulau ini pernah menjadi pangkalan militer Amerika Serikat dalam menyusun kekuatan semasa PD II. Sampai saat ini masih terdapat sisa-sisa PD II seperti puing-puing pesawat tempur, bangkai kapal perang, rongsokan tank, dan bunker tempat persembunyian tentara sekutu dan terdapat museum perang dunia II. Melihat potensi pariwisata di pulau Morotai yang sangat banyak dan didukung dengan keadaan alam yang indah serta letak geografis yang strategis, sangat disayangkan bila ketersediaan infrastruktur sebagai pendukung seperti hotel berbintang serta pelayanan transportasi udara masih belum efektif.

Hal ini menjadikan pemerintah daerah sangat terbuka kepada investor untuk melakukan investasi di Morotai. Upaya pemerintah daerah dalam menarik investor salah satunya dengan membuat Wonderful Morotai yang menjelaskan apa saja yang ada dipulau Morotai, seperti pariwisata, aktifitas para wisatawan, serta festival-festival seperti Fishing Morotai 2016, Festival Pulau Dodola dan Wonderfur Morotai Mancing 2017. Selain menarik investor dengan memperkenalkan potensi pulau Morotai, Perlu adanya inovasi dalam pengembangan pulau Morotai sehingga pembentukan kerjasama sister city/island city merupakan strategi yang baik.

Pemerintah Morotai sebaiknya melihat pemprov Jeju, Korea Selatan. Di mana sebagai provinsi kepuluan pulau Jeju berhasil menerapkan prinsip pembangunan yang ramah lingkungan. Jeju juga terkenal dengan visi 2030 nya yakni “Jeju Zero carbon 2030” yang menjelaskan bahwa pada tahun 2030 di Jeju tidak boleh lagi menggunakan energi berbahan fosil yang tidak terbarukan namun diganti mengunggunakan energi alternatif terbarukan. Hal ini dapat dijadikan Pemerintah Morotai untuk mengembangkan dan memanfaatkan industri pariwisatanya dengan visi Green And Smart Island. Dengan adanya program ini maka sumber daya energi di Morotai akan murah karena terbaharukan dan tersedia di alam, mobilitas dan mobilisasi serta interkoneksi diantara wilayah dan masyarakat akan menjadi murah, sehat, bersih, karena mengunakan sarana transportasi berbasis energi listrik. Serta wilayah KEK Morotai juga akan banyak di minati investor karena emisi karbonya rendah, murah, kompetitif dan sehat. Maka akan banyak industri yang dikembangkan di wilayah KEK Morotai sehingga hal ini akan berdampak pada industri pariwisata di Morotai semakin terkenal dan bernilai tingga karena di kelola secara Green And Smart Island.