Tauhid-Jasri Siapkan Bantuan Hukum untuk Warga Kurang Mampu

Tauhid Soleman saat menyampaikan programnya dihadapan warga dalam kampanye terbatas. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -– Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Ternate nomor urut 2, Tauhid Soleman-Jasri Usman memiliki program perlindungan dan bantuan hukum untuk masyarakat kurang mampu di Kota Ternate.

Tauhid Soleman menuturkan, Pemkot Ternate saat ini telah memiliki produk hukum berupa Peraturan Daerah Nomor 24 tahun 2016 tentang bantuan hukum untuk masyarakat miskin. Hanya saja, kata Tauhid, aplikasinya belum maksimal akibat alokasi anggaran yang terbatas.

"Olehnya itu, hal yang bisa dilakukan adalah bagaimana menguatkan penganggaran dalam APBD sehingga masyarakat miskin bisa terpenuhi terkait keadilan," kata Tauhid dalam debat kandidat yang disiarkan secara streaming di Inews TV, Kamis (19/11/2020).

Salah satu langkah yang dilakukan ialah, menjalin kerjasama dengan beberapa Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di Ternate untuk pendampingan hukum hingga ke Mahkamah Agung (MA). Untuk itu, lanjut Tauhid, jika dipercayakan memimpin Ternate lima tahun kedepan dirinya bersama Jasri Usman (TULUS) akan memperkuat realisasi dengan penambahan anggaran bantuan hukum.

"Di sini kita lihat kepastian hukum, dan tidak memandang siapapun di depan hukum, orang miskin harus diberikan kemulian dengan bantuan hukum, karena selama ini anggaran terlalu kecil dan ini menjadi komitmen kami untuk kedepan kita lakukan penguatan anggaran agar pelayanan hukum terhadap masyarakat kurang mampu dapat terlayani," tegas mantan Sekertaris Daerah Kota Ternate itu. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram