Ike Masita Tunas Terpilih jadi Ketua DPW Berkarya Malut

Ike Masita Tunas saat konferensi pers di kantor DPW Berkarya Malut, Sabtu (9/1/2021)

Ternate, malutpost.id -- Ike Masita Tunas dan Moh. Fitrih Udjir terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Beringin Karya (DPW Berkarya) Maluku Utara periode 2021-2026. Mantan Ketua DPD Hanura Malut itu terpilih berdasarkan hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas I) yang digelar di Jakarta 27 Desember 2020.

Terpilihnya Ike Masita bersama pengurus barunya tersebut tertuang dalam Surat Keputusan DPP Berkarya Nomor : SK-DPW.32/DPP/Berkarya/2021 tentang Pengesahan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Berkarya Provinsi Maluku Utara Periode 2021-2026.

Ike menjelaskan, surat keputusan yang ditandangani oleh Ketua Umum DPP Berkarya Muchdi Purwopranjono dan Sekjen Badaruddin Andi Picunang tersebut sekaligus membatalkan dan mencabut SK kepengurus DPW Malut sebelumnya yang tertuang dalam SK Nomor : SL-DPW.09/DPP/BERKARYA/VIII/2020 tanggal 24 Agustus 2020 tentang Pengesahan Pengurus DPW Partai Berkarya Provisni Malut.

"Itu artinya SK sebelumnya tidak berlaku lagi," kata Ike dalam konferensi pers di Kantor DPW Malut, Kelurahan Takoma, Ternate Tengah, Sabtu (9/1/2021).

Selanjutnya, kata Ike, pengurus DPW juga dapat melengkapi kepengerusannya dengan membentuk, merubah dan mengangkat personalia pengurus harian, alat kelengkapan partai berupa biro-biro, badan/lembaga, dewan pertimbangan wilayah, dewan pakar wilayah dan korda sesuai kebutuhan.


"Dan memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen dari jumlah kepengurusan yang selanjutnya akan ditetapkan kembali oleh DPP dalam surat keputusan," jelas mantan anggota DPRD Malut tersebut.

Ike menjelaskan, sebelumnya Berkaya Malut telah melakukan muasyawarah wilayah (Muswil) untuk memilih calon ketua. Hanya saja, muswil yang digelar pada Agustus 2020 tersebut berakhir ricuh, sehingga diambil alih oleh DPP. Menurutnya, gejolak tersebut terjadi juga di sejumlah daerah di Indonesia yang berdampak buruk terhadap partai.

"Kemudian dari DPD yang ada di kabupaten/kota di Malut mendukung saya sehingga DPP mengambil hak preoregatif dalam Rapimnas I mulai 1 Januari-30 Maret 2021 dilakukan revitalisasi total seluruh Indonesia sehingga diterbitkanlah SK untuk Malut ini," ungkap Ike.

Sementara Sekwil Berkarya Malut Moh. Fitrih menjelaskan, keputusan Ike Masita Tunas sebagai Ketua Berkaya Malut didukung oleh semua DPD di kabupaten/kota di Malut yang diputuskan dalam rapat bersama. "Jadi sebelumnya dilakukan rapat pleno dan dipilih ibu Ike Masita jadi kalau ditanya soal legalitas hanya ada satu saja yakni ibu Ike Masita," pungkas Fitrih. (ikh)


-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram