Sebut Gugatan Tak Berdasar, Muhajirin: TULUS Tetap Menang

Muhajirin Bailussy. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Ketua tim pemenangan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Ternate M Tauhid Soleman dan Jasri Usman, Muhajirin Bailussy optimis tetap menang gugatan Perselihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan Paslon nomor 3, M Hasan Bay-Asghar Saleh.

Sebab, Muhajirin menilai, dalil gugatan yang diadukan tim hukum MHB-GAS dinilai tidak berdasar.

"Iya, biasa saja. Pada prinsipnya kami masih berkeyakinan menang," kata Ketua DPC PKB Kota Ternate ini, di Hotel Ayu Lestari, Kelurahan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan, akhir pekan kemarin (9/1/2021).

Bukan tanpa alasan, lanjut Muhajirin, setelah mempelajari sejumlah dalil yang dimohonkan MHB-GAS selaku pemohon ke MK, pihaknya melihat pelanggaran-pelanggaran lebih bersifat administratif dan pidana.

Apalagi, sapanjang rangkaian proses pemilihan, baik dari MHB-GAS maupun paslon lainnya tidak melakukan keberatan ditingkat TPS.

"Ketika melihat pelanggaran mereka tidak melakukan keberatan, itu yang pertama. Kedua, keberatannya sudah diujung. Dimana, mereka tahu kalau suara mereka tidak menguntungkan, kemudian penyelesaiannya (kasus ini) ada di Bawaslu," katanya.

Ketua DPRD Kota Ternate itu juga mengungkapkan, hasil penelusuran pihaknya sesuai dengan tuduhkan pemohon soal pemilih dibawa usia, ternyata pemilih tersebut sudah menikah dan memiliki hak pilih.

"Itu kita buktikan dengan mereka punya akta nikah dan kartu keluarga," ungkapnya.

Selanjutnya, soal tuduhan mobilisasi orang untuk memilih dengan menggunakan KTP. Menurut dia, pemilih yang menggunakan KTP adalah warga negara yang memiliki hak untuk mencoblos apalagi yang ditudukan tersebut ber-KTP Ternate.

"Itu yang saya bilang, kalau sudah diujung dan tahu kalah baru menyampaikan gugatan. Gugatan itu sudah harus disampaikan di TPS. Itu yang paling prinsip. Jadi, kita sangat yakin kita menang," pungkasnya.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor : Ikram