Ini Jumlah Pilih di PT NHM yang Divalidasi KPU Halmahera Utara

Ilustrasi. (Foto: Dok/okezone)

Tobelo, malutpost.id -- Pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara susulan (PSS), Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara digelar pada 28 April mendatang. Meski begitu, daftar pemilih tetap (DPT) khusus di PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) belum juga klir.

Komisi Pemilihan Umum Halmahera Utara baru menetapkan DPT untuk 4 tempat pemugutan suara (TPS) yang melakukan PSU, diantaranya; TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo 338 jiwa pilih, TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk 188 jiwa pilih, serta TPS 01 dan 02 Desa Supu Kecamatan Loloda masing-masing memiliki 442 dan 483 jiwa pilih.

Sedangkan untuk TPS khusus di PT NHM masih divalidasi KPU. "Dokumen awal kan sudah diserahkan PT NHM untuk dilengkapi datanya seperti nama dan KTP,"ungkap Ketua KPU Halmahera Utara, Muhammad Rizal, kepada malutpost.id, melalui sambungan telepon, Kamis (7/4/2021).

Menurutnya, verifikasi pemilih untuk karyawan PT NHM masih menggunakan data lama dengan 632 calon orang. "Tapi, ditanggal 16 April semua sudah selesai dan harus ditetapkan, sesuai jadwal dan tahapan PSU,"pungkasnya.

Sebelumn PSU, pasangan Frans Manery - Muhlis Tapi Tapi (FM-Mantap) memperoleh total 50.697 suara, sedangkan Joel B. Wogono – Said (JOS) 50.078 atau selisih 619 suara. Sedangkan, untuk 4 TPS yang akan PSU, FM-Mantap memperoleh 884 suara, jika dikurangi total perolehan suara yang ditetapkan KPU dengan 4 TPS, maka sisa suara pasangan petahana 49.816. Sedangkan pasangan JOS memperoleh 476 suara di 4 TPS PSU, jika dikurangi dengan total perolehan suara, maka saldo JOS tersisa 49.602, dengan begitu selisih keduanya adalah 211 suara.(rey)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim