Ribuan Baju Hazmat dan Masker Siap Disalurkan ke RS Rujukan

PENURUNAN: Personel TNI di Malut menurunkan bantuan APD yang datang dari Gugus Tugas Nasional untuk para tenaga medis di Malut dari Boeing 737, Sabtu (11/4) KOREM 152/BABULLAH FOR MALUTPOST.ID

TERNATE, mp.id – Bantuan APD atau alat pelindung diri dari Gugus Tugas Nasional untuk penanganan pasien Covid-19 di Maluku Utara telah tiba di Bandar Udara Sultan Babullah, Sabtu (11/4). Ribuan APD tersebut dikirim Pemerintah Pusat menggunakan pesawat Boeing 737 nomor penerbangan A 7304. Isinya terdiri atas 3 ribu pieces baju hazmat (60 koli) dan 6 ribu pieces masker (3 koli). Begitu tiba, Danrem 152/Babullah Kolonel (Inf) Endro Satoto yang juga Ketua 1 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut langsung melakukan penyerahan simbolis bantuan tersebut kepada Kepala Dinas Kesehatan Malut dr. Idhar Sidi Umar. 

APD lantas diangkut menuju posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut untuk  disalurkan ke fasilitas kesehatan, terutama rumah sakit rujukan. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut dr. Rosita Alkatiri menuturkan, bantuan itu disalurkan oleh Gugus Tugas Nasional. "Sudah (terima) itu dari Gugus Tugas Nasional," kata Rosita kepada malutpost.id

Sementara Danrem 152/Babullah menyatakan, datangnya bantuan itu menunjukkan keseriusan pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Dia bilang, bantuan kali ini merupakan kali keduanya. Sebelumnya, lanjut Endro, pada 3 April lalu pihaknya menerima 15 koli APD berupa masker. "Dan kali ini 63 koli. Bantuan ini kita prioritaskan bagi tenaga medis baik di RS rujukan maupun gugus tugas kabupaten/kota se-Malut," jelas Endro. 

Perwira tiga melati itu lantas mengajak semua pihak untuk mengikuti SOP dari pemerintah, salah satunya melakukan physical distancing, cuci tangan dengan sabun setiap beraktivitas, hindari kerumunan, serta menerapkan pola hidup sehat. “Warga yang memiliki riwayat perjalanan daerah terdampak agar melapor untuk diperiksa serta melakukan isolasi mandiri,” imbau Endro.(ikh)