Zainal: Dekot Harus Bentuk Pansus Covid-19

Zainal Hi Hasan

Ternate, malutpost.id - Mantan Anggota DPRD Kota Ternate, Zaenal H Hasan menilai peran DPRD Kota Ternate belum optimal dalam fungsi pengawasan. Zaenal mengungkapkan, hal itu ia cermati melalui media massa. Menurutnya, DPRD sebagai representasi rakyat mestinya mendorong percepatan penanganan Covid-19 yang belum maksimal.

Baginya, Ternate merupakan daerah rawan penularan karena menjadi pintu masuk utama akses keluar masuk warga dari daerah tertular baik lewat darat maupun laut. "DPRD dalam fungsi pengawasan segera membentuk alat kelengkapan lain yang diatur dalam tatib DPRD. Mekanisme Pansus ini jangan disalah tafsirkan sebagai instrumen yang hadir ketika ada masalah, melainkan Pansus DPRD terkait penananganan Covid-19 dibentuk untuk memberikan masukan dan pengawasan agar Pemkot dalam hal ini Tim Covid 19 kerja maksimal dan terhindar dari masalah," papar mantan anggota dewan 3 periode itu, Selasa (14/4/2020).

Dia lantas mempertanyakan langkah DPRD dengan membentuk Tim Pengawas Covid 19 DPRD, padahal tidak diatur dalam tatib DPRD. Dikatakan Zaenal, pembentukan tim pengawasan menjadi ranah OPD bukan DPRD. " Harusnya keputusan badan musyarawah DPRD tetap mengacu kepada Tatib DPRD karena ini menyangkut keabsahan dan pertangungjawaban kinerja DPRD," katanya Staf Ahli Fraksi Adil Makmur itu.

Untuk itu, dia menyarankan agar DPRD segera membentuk pansus untuk memaksimalkan kerja pemerintah menangani pandemik. Mantan anggota Komisi II ini juga menyentil penggunaan anggaran yang dihabiskan melalui rapat-rapat tim. Padahal, dampak ekonomi dan sosial tengah terjadi. "Agar masyarakat bisa memberikan apresiasi kepada lembaga rakyat, bagaimana ketersediaan APBD dan sebagainya,"  tandasnya.(mg-05)