Salat Jumat di Tengah Ancaman Wabah

JAGA JARAK: Meski saat salat tak ada pembatasan jarak, jamaah dengan sendirinya saling menjaga jarak saat mendengarkan khutbah. (HASBI KONORAS/MALUTPOST.ID

Ternate, malutpost.id – Temuan 4 kasus positif Covid-19 di Kota Ternate tak membuat warga membatalkan pelaksanaan salat Jumat. Rata-rata warga masih Jumatan berjamaah di masjid. Bahkan masjid terbesar di Kota Ternate, Almunawwar, belum menerapkan Jumatan dengan sistem physical distancing seperti terlihat pada Jumat (17/6).

 

Pantauan malutpost.id, di Masjid Almunawar Kota Ternate juga terlihat tidak ada petugas yang melakukan pengecekan suhu badan terhadap para jamaah yang datang menunaikan salat Jumat berjamaah. Kendati demikian, beberapa jamaah mengaku tidak takut dengan shalat berjamaah di tengah ancaman wabah Covid-19.

“Sebagai umat Islam, saya tidak terlalu takut terhadap virus corona. Sehingga saya masih tetap datang untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah disini,” kata Samsul (25), salah satu jamaah yang ditemui di Masjid Almunawar usai salat Jumat.

 

Baginya, shalat berjamaah dapat dijadikan sebagai momen untuk berdoa bersama agar wabah virus Covid-19 dapat berakhir secepatnya. Meski begitu, Samsul juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kota Ternate agar selalu berikhtiar.

 

“Patuhi anjuran pemerintah, rajin cuci tangan dan selalu gunakan masker,” tandasnya.

 

Meski saat salat tak ada pembatasan jarak, jamaah dengan sendirinya saling menjaga jarak saat mendengarkan khutbah.(aby)