NHM Sumbang 7 Ventilator untuk RSUD Chasan Boesoirie

SINERGI: Penyerahan 7 unit ventilator dari PT NHM ke RSUD Chasan Boesoirie. (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id – RSUD Chasan Boesoirie di Ternate yang menjadi rumah sakit rujukan utama penanganan pasien Covid-19 di Maluku Utara mendapat bantuan 7 unit ventilator dari PT Nusa Halmahera Mineral, salah satu perusahaan tambang emas di Kabupaten Halmahera Utara. Ini bukan kali pertama NHM menyalurkan bantuan terkait penanganan Covid-19. "Kami PT NHM memprioritaskan bantuan ventilator ke RSUD (Chasan Boesoirie) di sini. Sebab ini dalah rumah sakit rujukan utama penanganan COVID-19," ungkap General Manager Bidang Hubungan Pemerintah, Kinerja Sosial dan Perizinan PT NHM, Abujan Abdul Latif, Senin (20/4).

 

Abujan bilang, bantuan ventilator yang disumbangkan ada dua jenis. Yakni 4 ventilator yang akan dipasang di dalam ruangan dan 3 ventilator portabel, yang bisa dibawa-bawa. "Sebelumnya kami berkoordinasi dengan Gubernur Malut. Gubernur memang mengarahkan kita ke sini, sebab RSUD ini yang utama. Semua pasien dari daerah dirujuk ke RSUD ini," ungkap Abjan. RSUD CB sendiri amat membutuhkan bantuan ventilator. Sebab rumah sakit ini hanya punya dua ventilator yang tersisa untuk penanganan Covid-19.

 

Sebelumnya pada 25 Maret 2020 NHM memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara yang diterima SatGas Covid-19 Halmahera Utara dan disaksikan oleh Bupati Halmahera Utara. Lalu pada 31 Maret dan 5 April 2020 distribusi bantuan APD kepada SatGas Covid-19 Ternate di RSUD CB.

 

Selanjutnya pada 31 Maret 2020 distribusi bantuan APD kepada SatGas Covid-19 di Tidore Kepulauan. Lalu 1 dan 5 April 2020 distribusi APD untuk Satgas Halmahera Barat.

 

Dilanjutkan 6 April 2020 penyerahan bantuan APD Covid-19 untuk Polda Ternate. 6-7 April 2020 penyaluran bantuan APD kepada Puskesmas di 5 kecamatan lingkar tambang di Halmahera Utara. "Namun bantuan ini sekali lagi saya tegaskan bukan dari CSR sebab CSR adalah hak lingkar tambang. Bantuan ini adalah bentuk kepedulian PT NHM terkait bencana nonalam," tambah Abujan.

 

PT NHM menegaskan siap mendukung dan bekerjasama upaya Pemerintah Maluku Utara dalam percepatan penangangan Covid-19 dan komunikasi antara Presiden Direktur PT NHM dengan Gubenur Maluku Utara terus dilakukan dalam rangka kerjasama ini.(cr-04)