Lomba Kampong Siaga Covid-19 Ternate Tuai Cemoohan

DICEMOOH: Flyer lomba Kampung Siaga Covid-19 yang beredar. (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id – Di tengah pandemi Covid-19 yang membuat seluruh aktivitas masyarakat dibatasi, beredar flyer Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, menggelar lomba Kampong Siaga Covid-19. Lomba ini merupakan hasil kerja sama Pemkot dengan sejumlah institusi seperti Kementerian Kesehatan, Daulat Perempuan Maluku Utara (Daurmala) dan Wahana Visi Indonesia.

 

Lomba ini menjanjikan total hadiah Rp 60 juta. Dalam flyer yang tersebar di publik, kelurahan peserta lomba diminta segera mendaftarkan diri ke kepala puskesmas masing-masing wilayah.

 

Adapun ketentuan lomba, peserta diwajibkan mengunggah foto aktivitas kelurahan terkait Covid-19 di Facebook dengan cara menambahkan akun Gugus Tugas Covid Ternate sebagai teman, lalu mengunggah lima foto inovasi kelurahan siaga Covid-19, misalnya social dan physical distancing, fasilitas cuci tangan, kampanye masker dan di rumah saja.

 

Selain itu, mengunggah video pendek berdurasi maksimal 2 menit, tak lupa menaruh tagar #kampongsiagacovid-19ternate dan #pusdalopscovid-19ternate.

 

Peserta lomba juga diharuskan melengkapi persyaratan administrasi seperti SK Gugus Tugas Kelurahan dengan anggotanya, rincian aktivitas pelaporan tertulis, serta rincian fasilitas yang sudah disiapkan Gugus Tugas Kelurahan.

 

Lomba ini serentak menuai cemoohan warganet. Anggota DPRD Provinsi Malut Sofyan Daud misalnya, menuliskan status “Coma-coma karja, karja coma-coma. Tabea. Kalo ini batul, ini yang pertama di dunia nyata dan dunia maya. Setau saya, sepanjang sejarah belum pernah ada lomba ‘urus wabah panyake’. Masalah pe banya balong war-war urus kong mo ator urus lomba lagi. Kase insentif, reward, masker, vitamin, atau kebutuhan lainnya ke gugus tugas kelurahan, sebagai penyemangat. Jang bikin lomba. Dapa dengar Garap.”

 

Warganet lain, Hasby Yusuf menuliskan “Yth Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman: ini bikin lomba apa lagi? Pemkot sy mohon serius, ini Covid-19 bukan hari jadi kota, utk apa lomba seperti ini?? Kita sekarang Darurat Nasional Kesehatan. Saya mohon batalkan acara tidak masuk akal ini. Ikut saja PROTOKOL COVID-19 jangan ada gerakan tambahan. Rakyat butuh sehat, rakyat butuh makan. Jangan main main dengan nyawa rakyat. Anggaran kita terbatas jangan diamburkan untuk sesuatu yang tidak masuk akal...TIDAK ADA LOMBA SEPERTI INI di Indonesia kecuali TERNATE...ajaiib.. Peristiwa tak berujung..air mata dan akal abis. Tingkah laku yang hanya menunjukan tumpulnya nurani Kemanusiaan.”(mg-05)