PUPR Ternate dan Pijar Hukum Malut Gelar Aksi Mulia

PERANGI CORONA: Penyerahan hand sanitizer oleh Pijar Hukum dan Kriminal Malut dan PUPR Kota Ternate. (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate bersama Perhimpunan Jurnalis (Pijar) Hukum dan Kriminal Maluku Utara menggelar aksi kemanusian melalui pembagian 2.000 hand sanitizer kepada masyarakat Kota Ternate. Selain Pijar Hukum dan Kriminal, PUPR Kota ternate juga menggandeng KNPI Kota Ternate dan empat Komunitas Motor yakni Ternate Tiger Club, Honda CB Ternate, BeAT Matic Club Ternate dan Scoopy Owner Ternate. Pembagian hand sanitizer tersebut dipusatkan di empat tempat berbeda, yakni pasar Bastiong, Dufa-Dufa, pasar Higienis dan di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut Rabu (21/4).

 

Kepala Dinas PUPR Ternate Risval Tri Budiyanto kepada awak media mengatakan, pembagian hand sanitizer tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat agar bisa selalu mawas diri dan terhindar dari penyebaran Covid-19. "Corona atau covid-19 tidak bisa dikalahkan dengan marah-marah, ngomel-ngomel, saling menyalahkan, nyinyir dan nyindir di medsos, tapi harus dengan bergandengan tangan bahu membahu. Lakukan apa yang bisa kita lakukan walau itu kecil untuk masyarakat," katanya.

 

Kalaupun belum bisa lakukan, lanjut Risval, marilah perbanyak doa agar cobaan Covid-19 ini segera berakhir dan mengikuti anjuran pemerintah untuk meminimalisir dampak penularan. "Memasuki bulan Ramadan sehari dua ini kami mengajak seluruh elemen untuk bersatu membangun solidaritas saling menolong dan membantu. 

Tentunya kita harus lebih banyak menahan diri, meningkatkan iman dan menjaga kualitas imun melalui disiplin menjaga kesehatan mencegah penularan," ujarnya.

 

Ia menuturkan, aksi pembagian hand sanitizer ini adalah aksi yang kedua kali PUPR Kota Ternate. Pembersih tangan tersebut merupakan bantuan sosial produsen Pas Agrojaya Secang Magelang Jawa tengah, sehingga pihak produsen menghibahkan 250 botol hand sanitizer kepada masyarakat Kota Ternate dan membebaskan biaya pengiriman. "Kami berharap agar dengan hand sanitizer ini dapat memutus penularan Covid-19 melalui kontak fisik yang dilakukan oleh masyarakat,” tuturnya.

 

Sementara itu Ketua Pijar Hukum Malut Hasbi Konoras mengapresiasi aksi sosial yang digagas Dinas PUPR Kota Ternate di bawah kepemimpinan Risval Tri Budiyanto yang menghimpun berbagai elemen termasuk wartawan liputan Hukum dan Kriminal yang notabene aktivitas peliputannya diluar dari Pemerintah Kota Ternate dan Dinas PUPR khususnya. "Secara pribadi dan organisasi, Kadis PUPR Ternate patut kita acungkan jempol, karena dia tidak hanya melibatkan Pers Liputan Kota (Pelita) tetapi juga Pijar Hukum dan Kriminal untuk sama-sama menyatukan niat memerangi virus corona dengan aksi sosial," katanya

 

Karena melibatkan Pers Liputan Hukum dan Kriminal, kata Abi, sapaan akrab Hasbi Konoras, pembagian hand sanitizer juga dilakukan di seputaran Kelurahan Stadion, tepatnya di depan kantor Kejati. "Selain kita bagikan kepada masyarakat atau pengendara yang melintas, kita juga berikan kepada Kepala Kejati, Wakil Kepala Kejati dan Kepala Kejari Ternate, karena bagi kami penularan virus Corona tidak memandang siapa, jabatan, kaya maupun miskin. Intinya kita semua punya kewajiban memutuskan mata rantai penyebaran covid ini," tandasnya.(aby)