Lagi, Keluarga Pasien Positif Corona Tolak di Rapid Test

Sekertaris Gugur Tugas Covid-19 Kota Ternate, Thamrin Alwi. (PUTRI CITRA ABIDIN/MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id - Upaya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate memutus mata rantai penularan virus corona menemui jalan terjal. Setelah mendapat penolakan dari salah satu keluarga pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Kini, hal serupa kembali dialami tim gustu saat melakukan tracking kontak dengan pasien asal Kelurahan Kasturian, Kecamatan Ternate Utara. 
 
"Iya, untuk saat ini kita manfaatkan satgas yang ada di kelurahan melalui lurah kami mohon kiranya dapat melakukan edukasi terhadap orang yang diduga tertular, selain itu kami kami mohon kiranya niat baik yang bersangkutan untuk datang melapor diri agar dilakukan pemeriksaan," kata Sekretaris Gustu Covid-19 Kota Ternate, Thamrin Alwi saat diwawancarai malutpost.id, Senin (27/4). 
 
Menurut Thamrin, pihaknya masih melakukan langkah persuasif. Sebab, yang ditakutkan penolakan tersebut bisa membuat warga resah dan mengambil tindakan berlebihan. "Apabila diperiksa terindikasi positif maka kita lakukan perawatan sesuai ketentuan, tetapi seandainya mereka tidak mau, kita takuti warga yang menghakimi, jadi satgas dan tim kesehatan lakukan pemahaman secara persuasif kepada warga agar bisa menerima," lanjut mantan Kadishub itu. 
 
Dia bilang, jika langkah persuasif tidak mendapat respon baik pihaknya akan mengambil langkah tegas yakni menjemput paksa. "Kalau tidak memahami maka langkah terakhir kita lakukan dengan paksaan," tegas Plt Sekkot Ternate itu. 
 
Menurutnya, upaya tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Apalagi jumlah pasien di Ternate terus bertambah. "Tujuan kita akan virus tidak menyebar lebih luas," ujar Thamrin.
 
Sementara itu, juru bicara Gustu Covid 19 Kota Ternate, Anas Conoras mengaku memaklumi sikap keluarga pasien. "Mungkin itu reaksi sesaat, tapi tim akan lakukan dengan pendekatan dan pemahaman, seperti kasus yang di kelurahan Tabam sebelumnya, namun akhirnya mau bekerjasama," pungkasnya. (mg-05)