Sumber Penularan 2 Pasien Positif Belum Diketahui

dr. Alwia Assagaf

 
Ternate, malutpost.id - Jumlah pasien terkonfirmasi positif corona (Covid-19) di Malut meningkat menjadi 50 orang per Ahad, 3 Mei 2020. Dalam dua hari terjadi penambahan 9 kasus dari Kota Ternate yang terdiri dari 6 pasien laki-laki dan 4 peremuan. 
 
Juru Bicara Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf menjelaskan, terjadi pergeseran penularan Covid-19 di Maluku Utara pasca pembatasan wilayah oleh Pemprov Malut beberapa waktu lalu. 
 
Jika sebelumnya penularan dari klaster daerah terjangkit, saat ini justru dari masyarakat. "Transmisi lokal menunjukkan bahwa sudah ada penularan antar masyarakat," kata Alwia, Selasa (5/5). 
 
Menurutnya, penularan dari warga ini menunjukkan penerapan social distancing tidak berjalan baik."Dan jika kondisi masyarakat seperti ini terus berlangsung, bisa diprediksi kasus konfirmasi (positif) akan meningkat dan itu bisa terjadi pada siapa saja," papar. 
 
Sementara data dari pusat data gustu Malut dari 9 pasien ada 2 pasien transmisi lokal tidak jelas sumber penularannya yakni pasien 42 asal Kalumpang, tidak memilik riwayat perjalanan dari luar daerah, saat ini di rawat di RSUD Chasan Boesoirie. Dan pasien 47, perempuan, asal Bastiong Talangame dengan status PDP dan di rawat di RSUD CB. (ikh)