Belum Rapid Test, 36 WNA Asal China Tertahan di Bandara

36 WNA asal China saat berada di Bandara Sultan Babullah, Minggu (10/5). (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id - Otoritas Bandara Udara Sultan Babullah Ternate, terpaksa menahan 36 Warga Negara Asing (WNA) asal China di Bandara. 
 
WNA itu rencananya akan bertolak ke Manado namun, mereka tidak diijinkan berangkat karena tidak memiliki dokumen persyaratan lengkap.  
 
Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Anwar Hamid kepada malutpost.id membenarkan penundaan penerbangan 36 WNA itu, lantaran beberapa dokumen persyaratan penerbangan dari pihak maskapai. "Batal berangkat karena persyaratan tidak terpenuhi dan itu kebijakan airlines yang bersangkutan," ungkapnya saat dikonfirmasi, Minggu (10/5). 
 
Selain itu lanjut Anwar, ada juga edaran terkait keamanan penerbangan saat Corona yang  tetap patuhi. "Kami tetap patuhi edaran terkait dengan masalah izin, rekomendasi, kaitan dengan keberangkatan itu ranahnya airlines apakah tiketnya ditunda atau terbang," akunya. 
 
Terpisah, General Manager Lion Air Ternate, Ernawati mengungkapkan, 36 WNA tersebut belum memiliki surat keterangan negatif hasil rapid test. Untuk itu lanjutnya, mereka telah diarahkan untuk dilakukan rapid test. "Sudah rapid test, dan ini sementara menunggu hasil dan clearing surat rekomendasi dari gugus tugas penaganan Covid-19," ungkapnya. 
 
Berdasarkan jadwal, penerbangan dengan nomor 1175 rute Ternate - Manado dilakukan pada pukul 14.30 WIT. "Akan berangkat setelah semuanya selesai dengan clearing dari gugus tugas," pungkasnya. Informasi yang dihimpun wartawan, 36 WNA itu merupakan karyawan PT. IWIP yang telah habis masa kontrak kerja dan hendak balik ke negara asal. (mg-05)
 
 
Peliput: Putri Citra Abidin
Editor  : Ikram Salim