Kasus COVID-19 di Ternate Melonjak, 2 Hotel Karantina Penuh

M. Arif Gani

Ternate, malutpost.id - Angka kasus COVID-19 di Kota Ternate terus bertambah sejak lima hari terakhir. Saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Ternate menjadi 53 orang. 

Begitupun kasus orang palam pemantaun (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP),dan orang tanpa gejala (OTG). Penambahan itu membuat ruangan Hotel Vellya dan Dragon sebagai tempat karantina pasien mulai penuh. 
 
"Kita sedang berupaya, skemanya isolasi mandiri yang sudah dilakukan masyarakat saat ini," ungkap Ketua Bidang Operasi Gugus Tugas COVID-19 Kota Ternate, M. Arif Gani, Senin (18/5/2020). 
 
Menurut Arif, pihaknya mendorong untuk dilakukan isolasi mandiri dengan menyiapkan petugas medis di rumah pasien. "Kami akan lakukan pendampingan di rumah-rumah yang melakukan isolasi mandiri agar mentaati dan mematuhi ketentuan protokol kesehatan serta kamarnya dipisahkan, pendampingan medis pun tetap stand by setiap saat," jelasnya.
 
Disisi lain lanjut Arif, Pemda juga mengupayakan penggunaan bangunan pemerintah seperti asrama haji atau gedung Balai Latihan Kerja (BLK). "Kita upayakan penggunaan asrama haji atau BLK dalam waktu dekat, sehingga ada solusi disitu agar kita tetap karantina tersentral, kalau tidak tapi kalau tidak ada tempat yang disiapkan di rumah yang bersangkutan dengan pengawasan ketat," tandasnya. (mg-05)
 
 
Peliput : Putri Citra Abidin
Editor   : Ikram Salim