Wali Kota: Semua Tetangga Pasien COVID-19 Harus Rapid Test

Burhan Abdurahman.

Ternate, malutpost.id - Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara menjadi kluster berbeda dalam penyebaran COVID-19 yang cukup tinggi. 
 
Hingga Senin (18/5), tercatat kasus positif COVID-19 sebanyak 8 orang dibanding kelurahan lain yang rata-rata hanya 1 sampai 3 pasien positif. 
 
"Di akehuda kita tracing khusus, artinya dilakukan rapid test kepada tetangga yang kemungkinan ada kontak dengan pasien positif, gugus tugas baik kota maupun kelurahan mengawasi apalagi yang sudah pernah rapid dan reaktif lalu isolasi mandiri," ungkap Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman saat ditemui di posko Gugus Tugas COVID-19 Kota Ternate. 
 
Dia meminta agar pasien yang menjalani pemeriksaan baik rapid test maupun swab tes harus dipercepat. 
"Kalau swab test sudah disini, kalau ada gejala atau rapid sudah ditentukan, langsung swab test supaya jangan membuat orang menungggu tanpa kepastian, nanti orang stres," tegasnya. 
 
Dia meminta RT di kelurahan terlibat aktif dalam penanganan agar penyebaran virus makin dipersempit. "Supaya mereka yang di RT itu tidak keluar ke RT yang lain," tandasnya sembari menghimbau masyarakat tetap mematuhi prokol COVID-19. (mg-05)
 
 
-
Peliput : Putri Citra Abidin
Editor   : Ikram Salim