Terapkan New Normal, Wali Kota Ternate Minta Warganya Bersahabat dengan Corona

Burhan Abdurahman

Ternate, malutpost.id  - Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman meminta warganya untuk bersahabat dengan virus corona. Bukan tanpa alasan, harapan itu sebagai  langkah Pemkot mewujudkan pola hidup baru atau new normal ditengah pandemi.  

"New normal menjadikan corona ini bukan untuk dilawan tapi jadi sahabat, agar dapat menciptakan budaya hidup baru masyarakat kota Ternate, agar betul-betul bisa bersahabat dersahabat dengan corona," kata Burhan di Kantor Wali Kota Ternate, Rabu (27/5).

Burhan menjelaskan, bersahabat dengan corona dalam prakteknya berarti  masyarakat bisa menempatkan kebiasaan hidup sesuai protokol kesehatan agar tidak tertular COVID-19. "Saya pikir masyarakat kita bisa, contoh saat demam berdarah, banyak skali anjuran yang diterapkan dan itu dilaksanakan oleh masyarakat. Begitu pula dengan corona saat ini, anjuran pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, ini bisa menjadi tradisi hidup baru kita," papar Wali Kota dua periode tersebut.

Menurut Burhan, mewabahnya corona membuat semua sektor ekonomi terpukul, sehingga new normal bisa menjadi solusi untuk memulihkan kembali usaha  yang terdampak. "Kelonggaran yang diberikan tersebut, tetap berpatok pada protokol kesehatan, karena apa pun yang dilakukan kuncinya adalah kesadaran akan protokol kesehatan ini menjadi pola hidup baru kita, hal ini yang akan diterapkan dimasyarakat," terangnya.

Untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, kata Burhan, dimulai dengan sosialisasi di tempat-tempat usaha yang kembali beraktivitas secara bertahap. “Kita akan buat kelonggaran di hotel dan resto, yang awalnya kita himbau untuk tutup, disamping itu, kita akan mulai buka dengan protokol kesehatan yang lebih ketat," tandasnya. (mg-05)

 

-

Peliput : Putri Citra Abidin

Editor   : Ikram Salim