Semua Destinasi Wisata dan Pelaku Usaha di Ternate Wajib Siapkan Protap COVID-19

Rizal Marsaoly

Ternate, malutpost.id – Destinasi wisata di Kota Ternate mulai padat pengunjung.  Ini membuat Dinas Pariwisata Kota Ternate mengambil langkah preventif pencegahan penularan virus COVID-19.

"Tetapi agar tetap aman dan terhindar dari COVID-19, semuanya sesuai protokol kesehatan, kemarin sudah kita sosialisasi selama 2 hari, bidang usaha dan pengusaha yang bergerak di cafe dan hotel, restoran dan rumah makan, bahkan di beberapa tempat wisata," kata Kadis Pariwisata Kota Ternate Rizal Marsaoly kepada malutpost.id, Senin (1/6/2020)

Dia bilang, langkah pemda membuka kembali beberapa tempat, agar ekonomi kembali pulih melalui sistem kenormalan baru atau ‘new normal’. Namun begitu lanjut Rizal, dalam pelaksanaan harus mengikuti ketentuan protokol kesehatan baik destinasi yang dikelolah oleh swasta maupun perseorangan.

"Saat ini regulasi sudah ada,  seperti Peraturan Wali Kota yang kemudian itu mengatur tentang masker dan lain-lain. Kemudian physical distancing bagaimana cara duduk pengujung, penataan ruangan, siapkan hand sanitizer dan lain-lain," tuturnya.

Pihaknya lanjut Rizal juga menyiapkan stiker sosialisasi, gambar visual, dan papan himbauan di semua tempat yang dikunjungi warga.”Ini wajib sanksinya berupa pembinaan selama penutupan 3 sampai 1 minggu bahkan bisa ditutup usaha tempat wisata tersebut,” pungkasnya sembari  mengaku sanksi tersebut disepakati dengan tim gugus tugas.”Apalagi nantinya kita tetapkan petugas gugus tugas COVID-19 di tiap-tiap tempat wisata bahkan di Jatiland Mall itu nanti kita buatkan posko disitu," pungkas mantan Kadis DTKP itu. (mg-05)

 

Peliput : Putri Citra Abidin

Editor   : Ikram Salim