Sekolah di Ternate Dilarang Pungut Biaya PPDB

Ruslan Mustafa

Ternate, malutpost.id - Penerimaan peserta didik baru 2020 di sekolah negeri dilakukan secara online maupun manual dan bebas biaya. 
 
"Pendaftaran siswa baru itu tidak dipungut biaya karena semuanya melalui dana BOS, mulai dari penerimaan siswa baru, ulangan harian, ulangan kenaikan kelas, bahkan sampai tingkat ujian dan pengambilan ijazah," kata Kepala Bidang SMP Kota Ternate, Ruslan Mustafa saat ditemui malutpost.id. Sabtu (6/6). 
 
Terlebih kata Mustafa, orang tua calon penerimaan peserta didik baru (PPDB) kali juga dihadapkan dengan wabah corona sehingga pemerintah memberikan kemudahan penerimaan peserta didik baru bisa dilakukan secara daring. "Yang jelas tidak ada pungutan walaupun pendaftaran secara online, itu adalah tangung jawab dinas pendidikan kota Ternate," jelasnya. 
 
Dia bilang, sesuai kalender pendidikan kota Ternate untuk pra penerimaan dimulai tanggal 6 Juli sampai 7 Juli 2020. "Kalau 8 Juli sampai 10 Juli 2020 itu penerimaan siswa baru, artinya tanggal 13 Juli itu sudah masuk tahun ajaran baru," tuturnya. 
 
Dikatakannya, terdapat 19 sekolah yang terdaftar secara nasional untuk membuka pendaftaran secara online, yakni 12 SD dan 7 Sekolah SMP.
 
"Selain itu, lainnya bisa lakukan pendaftaran secara online atau offline, sekolah seperti daerah di Batang Dua dan Pulau Moti itu sah-sah saja mereka melakukan pendaftaran secara offline namun sesuai dengan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan," pungkasnya. (mg-05)
 
 
-
Peliput : Putri Citra Abidin
Editor   : Ikram Salim