Bacamu Kantongi Izin Lingkungan


RESMI OPERASI : Suasana pusat Kuliner Bacamu yang mulai aktif beroperasi, karena telah mengantongi izin lingkungan dari DLH

TERNATE - Setelah menempuh proses kurang lebih satu bulan, Pusat kuliner Bacamu resmi mengantongi dokumen izin lingkungan. Dokumen izin secara resmi diserahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Jumat (29/1).

Kepala DLH Kota Ternate Tonny Sahrudin Ponto mengatakan, semua prasyarat izin sesuai rekomendasi pokja telah dituntaskan pihak pengelola. Diantaranya, pembuatan sumur resapan, pembuatan Ipal, tingkat kebisingan, penyediaan parkir serta emisi asap dan suara. “Alhamdulilah, semua syarat telah dipenuhi pihak pengelola, sehingga tidak ada lagi masalah.

Dengan demikian Bacamu kembali beroperasi sesuai dengan kegiatan usahanya," kata Tonny. Kata Tonny, DLH juga menyampaikan apresiasi terhadap peran aktif pihak pengelola Bacamu, selama proses pengurusan izin. Sehingga praktis tidak ada hambatan ketika tahapan pengurusan sampai di tingkat DLH.

“Kami pahami bahwa, peristiwa penutupan beberapa hari sangat berdampak, terutama sisi pelanggan. Apalagi ini adalah jenis usaha yang menampung UKM. Namun aturan juga tidak harus diabaikan. Kita berharap, ini juga menjadi pelajaran untuk semua jenis usaha yang berinvestasi di Ternate. Jangan beroperasi dulu sebelum semua prasyarat izin dilengkapi. Jangan di tengah perjalanan baru dipersoalkan, akan membuat kegiatan usaha tidak berjalan sehat," tukasnya. (udy/yun/pn)