Disiplin Pegawai Bakal Dikontrol Lewat Aplikasi


BIMA Haria Wibisana

TERNATE - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan sistem baru untuk mengontrol tingkat disiplin pegawai. Sistem kontrol yang disiapkan ini dalam bentuk aplikasi. Ini disampaikan Kepala BKN RI Bima Haria Wibisana kepada Malut Post, dua hari lalu di kantor wali kota Ternate.

Bima mengaku, sistem tersebut saat ini telah disiapkan. Namun untuk menerapkannya akan disesuaikan dengan kondisi daerah. Baik ketersediaan infrastrukturnya terutama masalah jaringan dan juga karakteristik wilayah. “Kalau Malut dengan karakteristik wilayah kepulauan dan banyak belum terjangkau jaringan, tidak harus diberikan sistem yang ketat satu kali. Tapi nanti ada tiga tipe tingkatan, tertinggi sedang dan rendah. Bagi daerah yang jaringannya belum memadai diberikan sistem kontrol yang rendah," akunya.

Semua ini kata Bima, dalam rangka untuk memaksimalkan pelayanan. “Sistem aplikasi ini diciptakan dalam rangka menjawab problem pandemi covid ini. Dimana orang dapat bekerja dari rumah. Jika covid sudah selesai sistem ini tetap harus dimanfaatkan," sambungnya.

Sehingga lanjut Bima, pegawai bisa bekerja dari mana saja. Bahkan, jika dalam satu pekerjaan diperintahkan selesai dalam sehari, namun tiga atau empat jam sudah selesai, pegawai yang bersangkutan bisa melaksanakan kegiatan lain. “Jadi sistem kedepan, pelayanan itu di mana saja bisa dilakukan. Tidak harus datang ke kantor pagi sampai sore, tapi kerjanya cuman berapa jam saja," tukasnya. (udy/yun)