Tahun Ini, Nelayan dan Pelaku Usaha Perikanan Wajib Miliki Kusuka

Nelayan di Kepulauan Sula. (Foto: Ikram/mal)

Ternate, malutpost.id -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menerbitkan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka). Program ini mulai diberlakukan pada Maret 2021, di seluruh Indonesia.

Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate (BKIPM), Abdul Kadir kepada malutpost.id mengatakan, Kusuka adalah kartu identitas bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang kelautan perikanan.

"Itu seperti nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, pemasar ikan, petambak garam dan pemasar ikan antar pelabuhan,"kata Kadir.

Menurut dia, data identitas Kusuka ini kemudian digunakan sebagai data base tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan yang dimanfaatkan kemetrian.

"Nanti sebagai penentu kebijakan terkait program perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan,"ujarnya.

Lanjut dia, seperti halnya pemberian bantuan dari KKP kedepannya hanya kepada pelaku usaha yang telah memiliki Kusuka.  "Itu dengan masa perpanjangan setiap 5 tahun,"katanya.(cr-04)


-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram