Kemenag Malut Gelar Pelatihan Jurnalisme Damai

Pembukaan pelantihan jurnalisme damai yang digelar Kemenag Malut, Selasa (2/3/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Dalam rangka membangun kerukunan umat melalui media, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan pembinaan Manajemen Konflik dan Jurnalisme Damai, Selasa (2/3/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan di lantai tiga Muara Hotel, Kota Ternate,dan dibuka Kepala Kantor Wilayah Kemenag Malut Hi. Sarbin Sehe.

Dalam sambutanya, Kandepag menjelaskan, diselenggarakannya kegiatan ini karena dari aspek kerukunan umat peran media sangat diperlukan. "Media saat ini memiliki peran dan menentukan kerukunan umat saat ini, khususnya di Maluku Utara,"katanya.

Lebih lanjut Sarbin bilang, media saat ini sangat menentukan opini dengan perilaku dan kehidupan bermasyarakat, bahkan dengan berita jurnalis bisa berdampak secara luas.

"Dampak dari satu berita bisa berdampak pada suatu konflik atau sebaliknya bisa melahirkan kedamaian di tengah umat,"ujarnya.

Sembari menambahkan, hingga tahun ini indeks kerukunan beragama masih sangat bagus, begitu juga dengan indeks pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara.

"Kami sangat membutuhkan berita yang sudah tentu dapat memberikan dampak secara damai kepada umat,"tandasnya. Diketahui, kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, yakni Selasa (2/3) sampai Kamis (4/3/2021), diikuti perwakilan wartawan dari 9 Media, serta Humas Kemenag dari masing-masing kabupaten/kota di Malut.(rid)


-

Peliput : Ridwan Arif 

Editor   : Ikram