Batang Dua Gelar Musrenbang di Ternate


SALAH TEMPAT : Musrembang kecamatan Batang Dua, yang dilaksanakan di salah satu cafe di Ternate, Selasa (23/3), tanpa melibatkan warga

TERNATE - Musawara Perencanaan Pembangunan (Musrembang), sejatinya menjadi forum rembuk masyarakat, untuk membicarakan agenda pembangunan jangka pendek. Namun tidak bagi kecamatan Batang Dua. Pasalnya, pemerintah kecamatan melaksanakan musrembang bukan di Batang Dua, tapi di salah satu kafe di Ternate. Kegiatan musrembang yang hanya melibatkan beberapa pegawai dan lura-lura itu, dilaksanakan di salah satu cafee di lingkungan Daulasi kelurahan Tafure.

Camat Batang Dua Pilipus Pati Pelohi, saat dikonfirmasi membenarkan pelaksanaan musrembang tersebut di cafee. Pilipus mengaku, itu karena atas arahan Balidbangda. Sebab untuk melaksanakan musrembang di Batang Dua, pihak Balidbangda tidak lagi punya waktu. Karena rute kapal perintis batal berangkat. Selain itu, Kepala BalidBangda Said Assagaf, juga kondisi kesehatan tidak fit. “Jadi kalau kami di kecamatan, sudah siapkan semua kegiatannya di Batang dua. Tapi karena tim dari Balidbangda tidak bisa datang. Ditambah lagi waktu musrembang kota sudah mau dilaksanakan, maka terpaksa harus dilaksanakan di Ternate," akunya.

Pelipis sendiri mengaku tidak ikut serta dalam kegiatan Musrembang itu. Dia berada di Batang Dua, yang ikut hanya beberapa pegawai kecamatan dan semua lurah se-kecamatan Batang Dua. Mereka berangkat ke Ternate, mengikuti rute kapal perintis dari Bitung ke Ternate, yang singgah di Batang Dua. “Jadi aspirasi warga itu sudah diwakilkan ke para lurah. Karena aspirasi warga sudah tersampaikan saat musrembang tingkat kelurahan," katanya. Pengakuan Pelipus ini, berbeda dengan keterangan kepala Balidbangda Said Assagaf. Menurutnya, musrembang di cafee itu bukan atas arahan Balidbangda. Tapi permintaan pemerintah kecamatan, dengan alasan transportasi.

Padahal dirinya berharap bisa datang langsung ke Batang Dua. “Alasan cuaca dan transportasi sehingga tidak bisa dilaksanakan di Batang Dua. Kalau dilaksanakan di Batang Dua, menurut mereka (pemerintah kecamatan, red) baru bisa dilakukan pada awal April. Sementara musrembang kota sudah harus berjalan pada tanggal 29 dan 30 Maret nanti," akunya. Sembari mengaku, harapannya musrembangnya di laksanakan di Batang Dua, sehingga bisa menyerap aspirasi langsung. “Tapi karena alasan transportasi, mereka mau dilaksanakan di Ternate," tukasnya. (udy/yun)