Sandiaga Apresiasi Gagasan Pariwisata Wali Kota Ternate


'APRESIASI : Walikota Ternate, Tauhi Soleman menyerahkan merchandise kaus bergambar destinasi pariwisata kota Ternate, kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiago Uno

Ternate, malutpost.id -- Pariwisata menjadi industri yang sangat menjanjikan saat ini. Apalagi di tengah otonomi daerah yang memaksa setiap daerah untuk mengembangkan potensi dari sumber daya yang di miliki daerah tersebut. Kota Ternate sendiri tidak terlepas dari pengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki.

Potensi pariwisata di antaranya menjadi salah satu yang sedang dikembangkan. Konsep geopark yang ditawarkan merupakan bagian dari program Dinas Pariwisata Kota Ternate kedepan. Gagasan pengembangan destinasi pariwisata Kota Ternate ini, dipresentasikan Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman kepada Manteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiago Uno di Jakarta. Kunjungan tersebut, Wali Kota Ternate diberikan kesempatan untuk mempresentasikan dan memetakan potensi Wisata dan Potensi ekonomi kreatif di Kota Ternate. Tauhid menjelaskan potensi wisata yang sudah ada maupun yang akan dikembangkan.

Menurutnya, Pemerintah Kota saat ini berusaha mempersiapkan Kota Ternate menuju Pulau Geopark Nasional. Hal ini, diperkuat dengan adanya Peraturan Presiden nomor 9 tahun 2019 tentang Taman Bumi atau Geopark. “Dengan adanya Perpres nomor 9 tahun 2019 tentangan pengembangan Taman Bumi atau Geopark, menjadi peluang besar bagi Ternate. Ini kesempatan besar karena secara eksistensi potensi, Ternate sudah memiliki, tinggal kita kelola dengan baik,” kata Tauhid.

Wali kota Ternate menegaskan pada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, bahwa Ternate memilki potensi Geopark yang harus di dorong untuk menjadi Geopark Nasional, maupun salah satu aset geologi dunia dari UNESCO. Gagasan Wali Kota itu mendapat apresiasi dari Sandiago Uno.

Sandiaga merespons baik dan memberikan dukungan penuh kepada Wali Kota Ternate dan Kepala Dinas Pariwisata, karena datang dengan desain konsep lewat presentasi yang luar biasa. Pertemuan ini juga, Wali Kota didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Dr. Rizal Marsaoly dan beberapa staf lainnya. Presentasi ini juga dihadiri dari Beberapa Deputi Kemenparekraf. Dalam penyampaiannya Wali kota berterima kasih, karena selama ini Kemenparekraf punya andil besar dalam membantu perencanaan wisata Ternate, termasuk suntikan Dana Insentif Daerah, di dalamnya termasuk wisata Sulamadaha yang sudah berkembang dengan baik.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly menerangkan, salah satu geopark di Ternate yang akan dikembangkan adalah Batu Angus. Lava erupsi Gunung Gamalama ini, 283 tahun silam menjadi hamparan batuan gosong yang menjulur hingga ke pantai. Luasnya sekira 7 kilometer.

Menurut Rizal, Dinas Pariwisata mengembangkan destinasi pariwisata di Kota Ternate. Setelah sebelumnya sudah mengoptimalkan destinasi Sulamadaha, kedepan Dispar kembangkan lagi dengan menyulap tempat beberapa titik sebagai sumber pendapat baru bagi daerah. Ada tiga tempat yang bakal menjadi perhatian serius Dispar, yakni Danau Tolire akan dijadikan destinasi geowisata. Kemudian pantai Kastela akan dikembangkan menjadi salah satu tempat wisaya favorit. Selain itu, mengoptimalkan Sulamadaha hingga ke teluk. “Kita akan terus mengembangkan destinasi lain, agar bisa menggerakkan ekonomi mikro terutama masyarakat di sekitar. Ini yang dipesakan Pak Menteri, Sandiago Uno,” ujar Rizal via telpon, malam tadi.

Selain pengembangan destinasi pariwisata, Rizal juga menjelaskan, pulau geopark yang dirancang ini bertujuan untuk menjadikan sebuah kawasan yang memiliki unsur geologi, di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. “Dari sini, kita bisa menciptakan lapangan kerja, menggerakkan ekonomi kecil, peluang usaha, terlebih lagi sebagai sumber pendapatan baru bagi daerah.

Jadi Geopark lebih dikembangkan lagi, bukan hanya sekadar melindungi warisan geologi. Tapi juga mengambil manfaat, menggali, menghargai dan mengembangkan warisan geologi tersebut,” jelas Rizal. Menurutnya, potensi geopark ini semakin melengkapi keunggulan pariwisata Kota Ternate dengan segala keunikannya. Dengan menggarap potensi wisata secara serius, diharapkan mampu meningkatkan PAD. (yun/pn)