Parkir Pinggir Jalan di Ternate Makin Marak

Salah satu mobil parkir tepat di lokasi dengan rambu larangan parkir, Rabu (9/6/2021). (Foto: Ramlan/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id – Tanda rambu lalu lintas di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara masih menjadi pajangan. Praktek parkir liar di sejumlah titik larangan dan bahu jalan makin marak di Ternate. Hal itu sering kali memicu kemacetan dan menganggu kenyamanan pengendara.

Pantauan malutpost.id, Rabu (9/6/2021), badan jalan yang sering menjadi lokasi parkir kendaraan di antaranya, Jalan Pahlawan Revolusi, sepanjang taman falajawa hingga depan Kantor Bea Cukai, Pelabuhan Perikanan, Jatiland Mall, depan Denbekang depan pasar buah Gamalama, serta depan sisi kanan kantor BPK Malut.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Ternate, Fachrul Rozy saat dikonfirmasi menjelaskan, pemasangan rambu lalu lintas tergantung tipe kelas jalan. "Kalau kelas jalan provinsi kewenangan provinsi, begitu juga jalan nasional. Tapi, kalau di kota kita sesuaikan kebutuhannya, seperti di depan Denbekang, itu jalan nasional, akan tetapi kebutuhan makanya kita pasang,"katanya.

Untuk tahun ini, lanjut dia, sudah ratusan rambu lalu lintas terpasang di sejumlah ruas jalan termasuk rambu larangan parkir. Hanya saja, masih pengendara yang sadar lalu lintas sangat minim.

"Kalau aturan terbaru, soal penindakan bukan lagi tugas kita. Tapi, kita berkoordinasi dengan bagian teknis dan sudah melakukan larangan dan penindakan berulang-ulang kali,"akunya.

"Kami berharap menjadi perhatian semua pihak, untuk tidak melakukan parkiran secara liar, dititik larangan parkir,"harapnya.(rey)


_

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram Salim