Prakiraan Cuaca Buruk Masih Melanda Maluku Utara, BMKG Ingatkan Motoris

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca di gedung BMKG, Jakarta (ilustrasi).

Ternate, malutpost.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Babullah Ternate, Provinsi Maluku Utara memprediksikan cuaca buruk masih melanda wilayah Maluku Utara selama 3 hari kedepan. Otoritas cuaca itu mencatat, hujan disertai angin kencang dengan intensitas tinggi dan sedang bakal melanda sejumlah wilayah di kabupaten/kota. 

"Potensi terjadi hujan, khususnya di wilayah Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halbar dan Morotai, itu cukup intens,”kata Prakirawan Stasiun Meteorologi kelas I Babullah Ternate, Dewi Madiong kepada malutpost.id di kantornya, Selasa (15/6/2021).

Lanjut Dewi, untuk wilayah Pulau Taliabu juga berpotensi terjadi hujan, namun relatif sedang terutama pada siang dan malam hari. Kondisi cuaca yang tidak bersahabat juga berdampak pada tinggi gelombang di perairan Malut. Menurut Dewi, tinggi gelombang bisa mencapai 1 meter. Dia meminta kepada warga terutama nelayan dan motoris speedboat agar waspada saat melaut terutama saat terjadi hujan disertai angin kencang.

"Kalau ada jumpai awan sibi di perairan lima wilayah yang di maksud itu akan menambah ketinggian gelombang 1 meter menjadi 2-3 meter karena adanya angin yang cukup kencang yang keluar dari awan tersebut,"katanya.

"Jadi motoris yang menyeberang menggunakan speedboat atau motor kayu apabila hujan lebat bisa waspada karena di tengah laut itu jarak pandangnya memburuk sehingga membuat kehilangan arah,"ungkapnya. (mg-07).


_

Peliput : Faisal Sidiq

Editor   : Ikram Salim