Alumni STEMAN Ternate Galakan Jumat Bersedekah melalui Yayasan

Salah satu kegiatan pemberian bantuan biaya sekolah kepada putera-puteri Alumni oleh Ketua Forsa STEMAN Muhammad Sinen (alumni 90 dan Dewan Pengawas Yayasan STEMAN, Djufri Muhammad (alumni 93). (Foto: Halik for malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Forum Silaturahmi Alumni STM/SMK Negeri 2 Kota Ternate (Forsa STEMAN) melalui Yayasan STEMAN, kini mengalakan porgam “Jumat Bersedekah”. Kegiatan ini akan dilakukan dengan berbagai kegiatan sosial untuk para alumni dan keluarga alumni.

Kegiatan penggalan dana secara internal alumni melalui Jumat Bersedekah nantinya akan membiayai berbagai kegaitan sosial untuk alumni dan keluarga. Sejak berdirinya yayasan pada Maret 2021 lalu di antaranya, pemberian santuan kepada keluarga alumni yang berduka, bantuan pendidikan bagi anak dari keluarga alumni serta bagi alumni yang sakit dan kurang mampu.

“Sebagai langkah awal dari kegiatan yayasan masih internal di kalangan para alumni atau keluarga alumni. Kita juga berikan tali kasih berupa bantuan dana pada siswa yang kurang mampu untuk tetap bersemangat sekolah,”ungkap Ketua Yayasan Alumni STEMAN,  Halik Djokrora, Ahad (27/6/2021).

Pihak yayasan juga bekerjasama dengan SMK Negeri 2 bagi putera-puteri alumni yang anaknya menempuh pendidikan di SMK Negeri 2 Ternate. "Jadi kita diberikan jatah masuk sekolah bagi kelaurga alumni melalui jalur Yayasan Alumni oleh pihak sekolah,”kata Halik Djokrora.  

Untuk anak alumni yang bersekolah akan dibantu dalam bentuk pembayaran uang sekolah dan akan dibantu juga perlengkapan sekolah. Dan saat ini telah dilakukan pendataan para alumni yang telah meninggal atau kurang mampu, bagi anak mereka yang saat ini masih bersekolah.

Memang diakui bantuan yang diberikan jika dilihat nilainya tidak seberapa, akan tetapi hal itu dilakukan sebagai bentuk silaturahmi dan jalinan persaudaraan diantara keluarga alumni. Sementara itu, Sekretaris Yayasan STEMAN, Hasan mengatakan, sejak berdirinya yayasan telah dilakukan pemberian bantuan sebagai bentuk tali silaturahmi kepada para alumni dan keluarga. “Untuk tahun ajaran 2021 ini kami akan bantu 14 orang anak alumni yang bersekolah,”ujarnya.

Hasan mengatakan pendidikan merupakan kunci dalam meraih cita-cita. Untuk itu, yayasan akan membantu siswa-siswi alumni kurang mampu agar tetap fokus belajar dan tidak memusingkan urusan keuangan. Donasi Jumat Bersedekah, kata Hasan, para alumni baik yang ada di Maluku Utara maupun di luar dapat ditrafer melalui nomor rekening BRI  YAYASAN ALUMNI STEMAN TERNATE, Bank BRI Unit Gamalama No.Rek 521901023466532. “Ada juga bantuan dapat diserahkan melalui koordinator angkatan masing-masing dan selanjutnya diserahkan ke rekening Yayasan,”sebut Hasan. (ikh)


_

Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim