280 Ribu Pelaku Usaha di Ternate Terdaftar sebagai Penerima BLT

Hadi Haerudin. (istimewa)

Ternate malutpost.id -- Sebanyak 28.012 pelaku usaha kecil menengah (UMKM) di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara terdaftar sebagai calon penerima bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) yang disalurkan pada 2021 ini. Jumlah ini tercatat hingga batas akhir pendaftaran pada, Senin (28/6/2021) kemarin.

"Berdasarkan data pelaku usaha yang sudah diusulkan ke Kementrian Koperasi itu sebanyak 280.012 ribu, namun  realisasinya belum ada keputusan dari kementrian,"kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Ternate, hadi Haerudin kepada malutpost.id, Rabu (29/6/2021). 

Dia beharap, semua data pelaku usaha yang telah diusulkan tersebut dapat terakomodir oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Koperasi dan UKM, untuk membantu meringankan beban pelaku usaha selama masa pandemi Covid-19 di Malut. Dia menjelaskan, data pelaku usaha yang masuk terlebih dahulu diverifikasi sesuai kriteria oleh kementrian.

"Nanti datanya akan diinformasikan ke Dinas Koperasi Provinsi Maluku Utara atau kabupaten/kota  untuk melakukan proses pencairan,"katanya.

Kasi Fasilitasi Usaha Mikro dan Kewirausahaan, Minawati mengatakan, besaran dana bantuan dalam program BPUM tahun ini sebesar Rp1,2. Angka ini turun dari sebelumnya yakni sebesar Rp2,4 juta. Pada 2020, lanjut Minawati, jumlah pelaku usaha yang diusulkan sebagai penerima BLT sebanyak 30.000 pelaku usaha, namun hanya 22.000 yang lolos sesuai kriteria dari kementrian.

"Sisanya akan direalisasikan ke tahun 2021 bersamaan dengan data yang baru, kalau soal besaran yang berkurang itu adalah keputusan kementrian jadi kita tidak tahu, "katanya.

Menurutnya, persyaratan permohonan penerima bantuan tahun ini makin dipermudah. Di mana, pelaku usaha cukup melampirkan KTP, Kartu Keluarga, dan  Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan. "Kalau di tahun 2020 kemarin itu nomor KTP, nama lengkap, alamat dan tempat usaha hingga nomor Kkontak, "jelasnya. (mg-08)


_

Peliput : Taslim T. Laher

Editor   : Ikram Salim