KSOP Ternate Perketat Prokes bagi Calon Penumpang

Muchlis Djunaedy. (istimewa)

Ternate malutpost.id -- Angka penularan kasus Covid-19 di Maluku Utara yang terus naik membuat Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Provinsi Maluku Utara semakin memperketat protokol kesehatan (prokes) di pelabuhan Ahmad Yani dan Bastiong. Tercatat hingga Kamis, 1 Juli 2021, jumlah pasien baru yang terinfeksi virus korona sebanyak 721 orang.

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Kasi Lala) KSOP Kelas II Ternate, Muchlis Djunaedy saat ditemui malutpost.id, Kamis (1/7/2021). Menurutnya, upaya menekan angka penularan dibutuhkan kesamaan langkah di semua sektor termasuk pelabuhan hingga di atas kapal. "Dan harus ada sinergi dari satuan tugas (satgas) Covid-19 daerah,  untuk saat ini belum ada perubahan jadwal, dan tidak ada tindakan lain semua masih normal, "ungkapnya.
 
Dia menjelaskan, pihaknya terus mensosialisikan kepada masyarakat terutama kepada calon penumpang kapal untuk tidak berkerumunan dan selalu menerapkan perilaku 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. "Kita sudah beri edukasi lewat spanduk dan lainnya, tinggal kesadaran dari masyarakat, "tuturnya.

Dia bilang, penerapan protokol juga berlaku dalam kapal. Otoritas pelabuhan, kata Djunaedy juga menyurat ke semua operator kapal laut untuk menunjuk perwira, yang bertanggung jawab melakukan pengawasan dan pelaksanaan prokes dalam kapal. "Misalnya kapal  dengan rute yang jauh jaraknya seperti ke Bacan dan Morotai, "pungkasnya. (mg-08)

_

Peliput : Taslim T. Laher

Editor   : Ikram Salim