Dusun Talaga Mulai Diperhatikan

M. Ade Soleman

TIDORE - Pemkot Tikep, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menganggarkan Rp 1 miliar pada tahun ini untuk pekerjaan jalan lanjutan menuju Dusun Talaga Puncak. Pekerjaan jalan lanjutan ini ditargetkan mulai dikerjakan pada April 2020 mendatang.

Kepala Dinas PUPR, M. Ade Soleman mengatakan anggaran Rp 1 miliar untuk pekerjaan lanjutan jalan menuju Talaga ini pada tahun ini belum bisa dituntaskan, karena anggarannya hanya Rp 1 miliar. Pekerjaan yang ditargetkan dengan anggaran Rp 1 miliar ini kurang lebih 600 meter atau sampai ke puncak. Namun untuk sampai ke pemukiman warga harus membutuhkan anggaran Rp 2 miliar lagi. "Karena dari puncak ke pemukiman itu satu kilo lebih. Kalau yang ini baru sampai puncak, tapi kita sudah lega sedikit lega," katanya, kemarin (20/2).

Menurut Ade, pada tahun 2029 pihaknya menargetkan sampai ke puncak, hanya saja pekerjaan tersebut tidak hanya difokuskan pada hotmix jalan, namun juga ada pekerjaan lain pendukung jalan tersebut, sehingga anggarannya juga mengalir ke pekerjaan tersebut. Apalagi, kata dia, jalan menuju puncaknya ini mengalami kemiringan dan tanjakan yang sangat tajam. Sehingga target tersebut tidak capai. Meski demikian, Ade memastikan tahun depan akan dianggarkan lagi untuk menuntaskan pekerjaan tersebut. "Insya Allah tahun depan kita sudah bisa tuntaskan. Butuh Rp 2 miliar lagi," ujarnya. (cr-03/lex)