Camat Oba Diperiksa

PRIMA Poluakan

TIDORE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tikep terus mendalami dugaan korupsi anggaran desa di Desa Lifofa maupun Desa Nuku, Kecamatan Oba Selatan, tahun 2018. Kamis (19/2) kemarin, lembaga Adhyaksa ini memeriksa Camat Oba Tengah Rudi Ipanein terkait masalah tersebut.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tikep, Prima Poluakan, mengatakan Camat Oba Tengah ini diperiksa seputar rekomendasi untuk pengajuan pencairan anggaran tersebut. Kala itu tahun 2018, Camat Oba Tengah masih menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) pada Dinas PMD. "Jadi ini kita dalami dulu sejauh mana proses pencairan itu. Melibatkan siapa dan sebagainya," ujarnya. Lanjut dia, setelah pihaknya memeriksa Camat Oba Tengah ini, selanjutnya akan turun ke dua desa itu untuk mengecek bukti fisik dari item kegiatan yang telah dilaporkan. Pihaknya akan memastikan apakah item kegiatan tersebut sudah dilaksanakan atau belum.

Sebelumnya, Kasus DD Lifofa ini sudah dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan. Namun untuk menetapkan tersangka dalam kasus ini, tim Kejari masih memerlukan beberapa keterangan lagi. Sementara untuk kasus DD Nuku, baru sampai tahap penyelidikan. Sejumlah saksi telah diperiksa. Dalam kasus ini juga ada indikasi kuat. Namun tim Kejari akan menyimpulkannya setelah turun mengroscek bukti fisik item kegiatan tersebut. (cr-03/yun)