Dishub Usulkan Pembangunan Pelabuhan Feri Gita

DAUD Muhammad

TIDORE - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tikep bakal mengusulkan pembangunan dermaga pelabuhan feri Desa Gita, Kecamatan Oba. Rencana ini akan diusulkan pada tahun 2021. Saat ini, pihak Dishub akan berkoordinasi dengan ASDP maupun pihak terkait lainnya untuk usulan pembangunan nanti.

Kepala Dishub Kota Tikep, Daud Muhammad, mengatakan pihaknya mengusulkan agar Pelabuhan Gita ini disamping pelabuhan laut, ada juga pelabuhan lintas penyeberangan feri. "Sehingga ini nanti menjadi pelabuhan tetap di Desa Gita, ada kapal kayu jenis GT, ada juga kapal penyeberangan. Ini kita upayakan tahun depan diusulkan," kata Daud, saat ditemui kemarin (27/2).

Pelabuhan Gita ini, kata Daud, pihaknya telah melakukan survei dan sisi sebelah kanan itu layak untuk bongkar muat angkutan kendaraan. Apabila usulan itu diterima dan nantinya dibangun, maka akan ditata ulanng tata ruangnya. "Jadi sebelah kiri itu kapal kayu 35 GT dan 50 GT, sementara sebelah kananya untuk kapal feri. Jadi pelabuhan ini sudah, nanti tinggal dibangun plengsengan untuk kapal feri itu di bagian kanan pelabuhan laut ini," ujarnya. (cr-03/yun)