Dinkes Harap Masyarakat Hidup Sehat

Abdullah Maradjabessy.

TIDORE - Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) maupun Rumah Sakit Daerah (RSD) Kota Tikep saat ini telah melakukan langkah antisipasi pencegahan terhadap virus corona. Ini setelah dua Warga Negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif mengidap penyakit mematikan tersebut. Pasca diumumkannya dua WNI yang positif corona, baik Dinkes maupun RSD telah melakukan rapat di Kota Ternate dan bersepakat jika ada warga yang positif corona, maka langsung dirujuk ke RSUD Chasan Boesorie Ternate.

Namun untuk mengantisipasi virus ini, Dinkes Kota Tikep terus melakukan sosialisasi gerakan hidup bersih dan sehat. Masyarakat diminta untuk menjaga ketahanan tubuh, agar daya tahan tubuh lebih tebal, sehingga virus ini tidak mudah terjangkit. "Makan makanan yang bergizi dan berimbang, olahraga dan istirahat yang cukup, menjaga kebersihan lingkungan tidak merokok, cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, jika batuk pakai masker, makanan yang dimakan harus matang sempurna. Jika ada batuk dan sesak napas segera cari pertolongan di dokter, dan jangan lupa berdoa," kata Kepala Dinkes Kota Tikep, dr. Abdullah Maradjabessy, kemarin (5/3).

Lanjut Abdullah, salah satu langkah untuk mencegah virus corona ini adalah masyarakat harus berperilaku hidup sehat. Dirinya juga meminta kepada masyarakat untuk tidak terlalu panik, namun tetap waspada dengan berperilaku hidup sehat. Karena dengan berperilaku hidup sehat, penyakit apa saja bisa dijauhkan termasuk virus corona. "Jadi jangan terlalu begadang, harus tidur juga secukupnya," tuturnya, sembari mengatakan pihaknya saat ini menunggu Direktur RSD kembali dari Jakarta untuk melakukan rapat selanjutnya terkait penanganan virus corona. (cr-03/lex)