Kejari Usut Anggaran Desa Tului

LAPORAN: Warga Desa Tului ketika menggelar pertemuan dengan Kajari dan Kasi Intel Kejari Safri Abdul Muin.

TIDORE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tidore Kepulauan (Tikep) bakal menyelidiki dugaan permasalahan anggaran Desa Tului, Kecamatan Oba. Ini setelah Lembaga Adhyaksa ini menerima laporan resmi dari warga Desa Tului terkait dugaan masalah tersebut, pada Senin (16/3).

Kasi Intelijen Kejari Tikep, Safri Abdul Muin mengatakan pihaknya menerima laporan dari sejumlah warga Desa Tului. Mereka melaporkan mantan Kepala Desa (Kades) Safrudin Safar yang telah mengundurkan diri beberapa waktu lalu atas dugaan penyelewengan anggaran desa. "Laporannya sudah disampaikan warga yang diterima langsung Kepala Kejari dan saya di ruangan Intelijen," kata Safri, kemarin (17/3).

Safri mengatakan, dalam laporan warga ini ada beberapa hal yang masih kurang, salah satunya APBDes tahun 2016 dan 2017, Perdes, serta LPJ 2016 dan 2017. Dokumen ini agar mempermudah jaksa penyelidik dalam melakukan penyelidikan. "Yang jelas kita akan selidiki dugaan permasalahan anggaran desa ini," tegas Safri.

Sekadar diketahui, puluhan warga Desa Tului menggelar aksi di depan Kantor Desa Tului, Rabu (4/3) lalu. Mereka mendesak Kades Safrudin mundur dari jabatannya lantaran diduga terindikasi melakukan penyalahgunaan sejumlah item anggaran.  Anggaran yang dimaksud tersebut diantaranya penyertaan anggaran BUMDes tahun 2017-2018 sebesar Rp 300 juta, temuan Inspektorat tahun 2017 sebesar Rp 787 juta, bantuan kementrian dan olahraga yang di peruntukan pembuatan lapangan foli sebesar Rp 100 juta namun pelaksaan tidak sesuai dengan besar angaran yang berikan, angaran tim sembilan untuk tapal batas desa sebesar Rp 60 juta juga hingga saat ini persoalan tapal batas tidak terselesaikan.

Dengan dugaan sejumlah masalah tersebut, warga mendesak agar Safrudin mundur dari jabatannya. Berselang beberapa hari kemudian, Safrudin pun mundur dari jabatannya. Meski telah mundur, warga tetap mendesak pihak penegak hukum agar mengusut dugaan penyelewengan anggaran ini. (cr-03/lex)