Reses, Husain Alting Serap Aspirasi

RESES: Suasana pertemuan anggota DPD RI Husain Alting dengan masyarakat saat reses.

TIDORE – Anggota DPD RI, Husain Alting, melakukan reses guna menyerap aspirasi masyarakat. Reses yang digelar mulai 27 Februari hingga 22 Maret 2020 ini berbeda dengan reses-reses sebelumnya.

    Dalam reses kali ini, selain menemui masyarakat, Husain juga melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah pada Rabu (4/3). Dalam pertemuan itu,  Anggota DPD RI Dapil Maluku Utara (Malut) itu bertemu Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) yang dihadiri, Wali Kota Ali Ibrahim, Wakil Wali Kota Muhammad Sinen, Sekretaris Daerah Asrul Sani Soleman dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemkot Tikep.

    Pada kesempatan tersebut, Husain menyampaikan beberapa kegiatan yang membutuhkan kerja sama dengan Pemerintah Tikep, dan bersama pemerintah bersama-sama menyukseskan Sail Tidore 2021.

    Sebelumnya pada, Minggu (1/3), Wakil Ketua Badan Kehormatan DPD RI itu mengawali reses dengan melakukan pertemuan bersama tokoh masyarakat Tomagoba, Muspida Provinsi Malut, dan menyapa masyarakat Tomalou pada acara pembukaan Festival Kampung Tomalou.

    Selain itu, Husain Alting meluangkan waktu bertemu dengan pengelola Pondok Pesantren Ali Bin Abi Thalib, dan berdialog dengan para santri di masjid pondok pesantren.

    Pada kesempatan yang lain, Anggota MPR dari DPD RI itu bertemu dengan tokoh adat, dan agama guna membicarakan persoalan moralitas anak muda Tidore, yang mulai terjebak pada penggunaan narkoba dan sejenisnya. Termasuk membicarakan membangun hubungan yang harmonis jelang Pilwako 2020.

    Agenda reses selanjutnya bersama masyarakat Mafututu Kecamatan Tidore Timur pada Sabtu (7/). Di hadapan masyarakat Mafututu, anggota BULD DPD RI itu menyampaikan beberapa tradisi dan ritual masyarakat Tidore, yang sampai detik ini masih ada dan tumbuh dalam perilaku bermasyarakat. Kekuatan atau modal inilah yang membuat Kota Tidore menjadi negeri yang dirahmati Allah SWT. Masyarakat pada malam-malam tertentu memanjatkan doa dan shalawat, meminta pertolongan untuk umat, daerah dan alam ini. 

    Husain Alting saat ditemui mengatakan, kegiatan reses kali ini, selain banyak menemui masyarakat untuk mendengar aspirasi, dia juga menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Pertemuan-pertemuan itu, guna mensosialisasikan tugas dan kewenangan DPD RI, serta kegiatan yang dilakukan Komite I DPD RI, BULD DPD RI dan BK DPD RI,” terangnya.

    Selain di Tikep, reses kali ini, Husain Alting juga bertemu sekaligus menyerap aspirasi masyarakat Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Tengah. (rul)