Satu Pasien ODP Diisolasi

Ilustrasi covid-19

TIDORE - Rumah Sakit Daerah (RSD) Kota Tidore Kepulauan melakukan isolasi terhadap satu pasien orang dalam pengawasan (ODP). Pasien berjenis kelamin perempuan itu diketahui baru pulang dari Jakarta beberapa hari lalu.

Direktur RSD Kota Tikep, dr. Fahrizal Maradjabessy membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pasien tersebut masih dalam kategori dalam pengawasan. Saat ini lagi diperdalam riwayat perjalanannya. "Memang pasien ini batuk dan demam, tapi riwayat perjalanan belum jelas. Mohon bersabar untuk informasinya, karena harus dipastikan betul. Sekarang pasien di ruang isolasi," katanya singkat saat dihubungi kemarin (20/3).

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (PD2P), Dinas Kesehatan Kota Tikep, Saiful Salim mengatakan pasien tersebut saat ini sudah diperiksa dokter penyakit dalam. Hasil laboratorium dan rontgen dalam batas normal. Sempat demam, namun sampai sekarang sudah stabil. "Riwayat perjalanan pasien dari Jayapura. Untuk sementara dalam pemantauan, jika kondisi stabil sampai besok (hari ini, red) bisa isolasi mandiri di rumah. Untuk gejala ke arah Covid19 belum ada," ujarnya.

Saiful bilang, hasil pemeriksaan spesimen pasien dalam pengawasan (PDP) yang di Papua juga belum diketahui. Sehingga itu, dokter isolasi mengantisipasi apabila pasien yang di Jayapura dinyatakan positif, maka pasien di RSD Tidore juga masuk dalam kategori PDP. "Yang jelas dia (pasien) bukan PDP. Dokter isolasi mengantisipasi jangan sampai yang di Jayapura hasilnya positif. Jika demikian, maka yang bersangkutan masuk kategori ODP," terangnya. (cr-03/lex)