Lima ODP Diisolasi di Rumah

Saiful Salim

TIDORE - Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Virus Corona (Covid-19) di Kota Tikep terus bertambah. Saat ini, ODP di Kota Tikep berjumlah lima orang dari yang sebelumnya dua orang. Kelima ODP ini diketahui baru kembali dari daerah yang banyak terdampak Covid-19.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Tikep, Saiful Salim, mengatakan kelima ODP ini mengalami gejala demam, batuk, dan pilek. Kelimanya saat ini diisolasi di rumah masing-masing dan dipantau petugas kesehatan. Saiful menjabarkan, dua ODP sebelumnya dari Jakarta, satu dari Kota Makassar, sementara dua lainnya dari Kota Surabaya. Selain lima ODP, ada juga isolasi diri sendiri yang berjumlah 254 orang. "Untuk terkonfirmasi positif Covid-19 belum ada. Ini data per tanggal 24 Maret 2029," jelasnya saat dihubungi kemarin (25/3).
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tikep ini juga mengimbau kepada masyarakat, terutama untuk pelaku perjalanan dari daerah-daerah terjangkit agar benar-benar mematuhi himbauan pemerintah untuk isolasi diri sendiri di rumah selama 14 hari, sambil monitoring mandiri terhadap kondisi kesehatannya. Jika ada keluhan atau gejala seperti batuk, pilek, demam, nyeri tenggorokan atau sesak agar melaporkan ke petugas kesehatan di Puskesmas terdekat atau Rumah Sakit (RSD). "Mari kita cegah Virus Corona ini dengan mematuhi himbauan dari pemerintah," pintanya. (cr-03/lex)