Pelayaran Tidore- Ternate Dibatasi

PELAYARAN: Pelabuhan speedboat Rum, Tikep.

TIDORE - Aktivitas speedboat dan motor kayu di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) mulai Senin (30/3) hari ini dibatasi. //speedboat// yang semula bisa beraktivitas dari pagi hingga malam, mulai hari ini akan dibatasi sampai pada pukul 18.00 WIT atau jam 6 sore. Tidak hanya speedboat, motor kayu dan kapal Feri juga demikian.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tikep, Daud Muhammad mengatakan semua aktivitas armada laut di Kota Tikep dibatasi sampai jam 6 sore. Untuk kapal Feri akan yang semula empat trayek dalam sehari, kini dikurangi menjadi dua trayek dalam sehari yakni pagi jam 9 dari Ternate-Tidore dan jam 10 dari Tidore-Ternate. Kemudian sore jam 3 dari Ternate-Tidore dan jam 4 dari Tidore-Ternate. "Jadi semua armada laut lewat dari jam 6 ke atas dilarang beraktivitas. Apabila ada yang ngotot berlayar diatas jam yang ditentukan, maka akan diberi sanksi pencabutan izin operasional," tegasnya.

Lanjut Kadishub, jumlah penumpang speedboat juga akan dikurangi dari 16 orang menjadi 10 orang. Untuk harga sebagaimana yang dimintakan motoris untuk dinaikkan dari Rp 10 ribu menjadi Rp 15 ribu jika hanya dimuat 10 orang, menurut Daud, itu merupakan kesepakatan antara penumpang dan pihak motoris. "Soal harga ini nanti penumpang dan pihak motoris yang sepakati," katanya menutup. (cr-03/lex)