36 ODP Diisolasi di Rumah

Saiful Salim

TIDORE - Sebanyak 36 orang dalam pengawasan (ODP) di Kota Tikep yang baru saja tiba dari daerah terdampak Virus Corona (Covid-19) diisolasi di rumah masing-masing. Mereka ini baru saja kembali dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Makassar, dan beberapa daerah lainnya yang terdampak virus mematikan ini.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tikep, Saiful Salim mengatakan kategori ini mengalami lonjakan dari sebelumnya hanya lima orang dan sekarang menjadi 36 orang. Ini karena arus pelaku perjalanan dari daerah terjangkit meningkat, terutama mahasiswa asal Tikep yang menempuh pendidikan di luar dan saat  ini kembali. Dari hasil pemantauan wilayah oleh tim kesehatan, kata Saiful, ada beberapa yang mengalami gejala seperti flu, demam, batuk. "Dan ada yang dari Kota Ternate juga mengalami flu dan batuk, kita tetap masukan sebagai ODP. Sehingga tetap dipantau. Karena Kota Ternate sudah termasuk daerah transmisi lokal. Untuk gejalanya rata-rata paling banyak batuk," jelasnya, kemarin (29/3).

Saiful mengatakan, orang yang berstatus ODP ini sebelumnya mencapai 39 orang tepat pada Sabtu (28/3) lalu, dan sampai pada Minggu kemarin ada penambahan tiga ODP. Namun enam dari jumlah total ODP ini telah melewati masa inkubasi 14 hari, sehingga statusnya ODP-nya telah dicabut. Selain itu, juga ada isolasi diri sendiri sebanyak 545 orang. "Untuk positif sampai saat ini belum ada," terangnya. (cr-03/lex)