Kementerian PUPR Bantu Fasilitas Sail

SAIL: Suasana rapat dalam rangka persiapan Sail Tidore

TIDORE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dukungan pengembangan dan bantuan terhadap persiapan agenda pelaksanaan Sail Tidore 2021. Ini disampaikan Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Utara, Fasri Bachmid, saat menggelar pertemuan dengan Wali Kota Tikep Capt. Ali Ibrahim yang turut dihadiri Kadis PUPR Ade Soleman, Kadis Perkimtan Muslihin, Kadis Pariwisata Yakub Husain, Kepala Bappelitbang Sofyan Saraha, dan Kepala PDAM Tidore Ansar Gunawan. Rapat ini berlangsung di ruang rapat walikota, Rabu (1/4).

Menurut Fasri, pihaknya sudah mendapat perintah dari Menteri PUPR terkait dukungan terhadap persiapan Sail Tidore 2021. Hanya karena situasi negara yang saat ini dilanda wabah virus corona, sehingga pihaknya baru bisa bertemu langsung dengan wali kota dan instansi terkait untuk membahas dukungan tersebut. Kementerian PUPR, kata Fasri, telah mengalokasikan sejumlah anggaran untuk penataan dan pengembangan beberapa kawasan di Kota Tidore terkait persiapan Sail Tidore 2021.

Menurutnya, ada sebagian perencanaan sudah dalam bentuk Detail Enginering Design (DED) dan akan diserahkan ke Pemkot Tikep melalui Dinas PUPR Tikep untuk dilihat dan dikaji ulang secara detail guna pembahasan lebih lanjut. Bahkan lokasi pendaratan Magelhaens di Kelurahan Rum yang sudah pernah diekspos di hadapan wali kota juga sudah disampaikan juga ke Kementerian PUPR. "Jadi tinggal kami bersama Kadis PUPR dan Perkim mengkaji kembali dari skala prioritas untuk anggaran tahun 2020,” ujarnya.
Fasri bilang, terkait dengan penanganan sumber air bersih di beberapa titik di Kota Tikep juga diperhatikan Kementerian PUPR melalui balai agar memberikan dukungan kebutuhan air bersih yang memenuhi standar pada saat berlangsungnya Sail Tidore 2021 nanti. Selain itu, Kementerian PUPR melalui balai juga memperhatikan beberapa tempat yang juga menjadi prioritas dalam pengembangan kawasan Kadataon, benteng tore, pengembangan jalur penghubung kawasan kadaton, dan revitalisasi tangga pelabuhan serta sejumla lokasi lainnya. “Semuanya telah kami rencanakan, untuk itu saya minta dukungan doa dan kerjasama semua pihak. Semoga situasi negara yang sementara dilanda wabah virus corona ini segera berakhir, sehingga tidak menggangu pelaksanaan Sail Tidore 2021 nanti,” ujarnya.

Semenara itu, Wali Kota Capt. Ali Ibrahim menyampaikan penghargaan dan terima kepada Kementerian PUPR yang telah ikut mengambil bagian dalam bentuk dukungan pembangunan menjelang SailTdiore 2021. Dirinya juga berharap wabah ini secepatnya berakhir agar perencanaan program dari Kementerian PUPR ini segera berjalan. “Kita semua berdoa dan terus berusaha agar penyebaran virus corona ini segera berakhir, agar supaya seluruh perencanaan program dari jementerian dapat terlaksana dengan baik dalam mendukung kesiapan Sail Tidore 2021,” tandasnya. (cr-03/lex)