Undangan Dewan Tertulis Plt, Kadis Pangan Tikep Sebut Ketua Dewan Lucu

Iskandar Halil. (istimewa)

Tidore, malutpost.id -- Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tidore Kepulauan Iskandar Halil kaget dengan undangan paripurna pengesahan dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan di DPRD yang diterimanya, Jumat (13/11/2020).

Pasalnya, sampul undangan yang dilayangkan oleh sekretariat dewan itu ditujukan untuk pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Padahal, Iskandar hingga saat ini masih menjabat sebagai kepala dinas aktif dan belum menerima SK pemberhentian jabatan.  Iskandar pun mengunggah di Facebook pribadi dan menilai sikap dewan lucu.

Iskandar saat dikonfirmasi mengaku, dirinya terpaksa membuat postingan itu lantaran merasa terhina dengan perlakukan sekretariat dewan yang berulang kali Ia terima sejak dua bulan terakhir.

"Kalau saya persoalan ini sebenarnya disengaja, atau katakanlah ditakut-takuti, apalagi ini momentum politik, tetapi perlu saya tegaskan bagi saya jabatan itu amanah, kalau diberikan pasti saya bertanggungjawab, tetapi kalau dengan keraguan hari ini saya bersedia tinggalkan jabatan itu. Saya serahkan semua ke wali kota, karena itu hak prerogatif dia," kata Iskandar.

Iskandar menegaskan, siap menanggalkan jabatannya, hanya saja dengan cara yang sesuai etika pemerintahan. "Sebagai pemerintahan yang baik, seharusnya minimal ada SK pergantian, sekretariat dewan menyurat seperti itu atau ada orang yang ditunjuk sebagai Plt untuk gantikan saya. Tetapi sejauh ini belum ada SK pergantian yang saya terima, atau ada Plt yang ditunjuk menggantikan saya," jelas Iskandar.

Menurutnya, ada kejanggalan dalam undangan dari dewan, jika surat ditandatangani oleh pimpinan yang lain, maka bunyi suratnya adalah kepala dinas, namun jika diteken ketua DPRD pasti tertulis Plt. "Makanya saya berfikir ini disengaja, kalau tidak disengaja tentu pasti bukan Plt. Makanya saya posting lewat media sosial facebook tadi supaya orang tahu, minimal pak wali tahu, masyarakat juga tahu bagaimana perlakuan terhadap saya sebagai ASN," tandasnya.

Sementara Sekretaris DPRD Tikep Ikbal Japono membenarkan undangan tersebut ditujukan kepada Plt. Menurutnya, surat itu bukan ranah ketua dewan melainkan anggota biasa dan bagian persidangan DPRD.

"Ini hanya ada kekeliruan, memang sudah beberapa kali kadis pangan menyampaikan, akan tetapi teman-teman di persidangan tidak melihat secara jeli dan kami sidah ganti kedepan tidak terjadi lagi," pungkasnya. (mg-06)


-

Peliput : Bambang Cahyadi

Editor   : Ikram