Waspada, Pipa Bawah Laut Tidore-Maitara Menyembul ke Permukaan

Pipa bawah laut Tidore-Maitara tampak menyembul ke permukaan laut, kondisi ini membahayakan transportasi laut, Senin (30/11/2020). (istimewa)

Tidore, malutpost.id -- Cuaca ekstrim disertai gelombang laut menyebabkan pipa air bersih PDAM yang mengaliri dari Tidore-Maitara menyembul di permukaan laut, Senin (30/11/2020).

Pipa yang mengapung di antara pulau Maitara dan Tidore, Maluku Utara itu sempat mengganggu jalur speedboat yang melewati lokasi tersebut.

Informasi yang dihimpun malutpost.id, pipa PDAM tersebut tak lagi berfungsi sejak 2017 lalu.

Dirut PDAM Kotata Tidore Kepulauan, Ansar Gunawan mengaku pipa tersebut tidak lagi berfungsi sejak lama.

Dia menjelaskan, penyebab pipa tersebut menyembul ke permukaan laut lantaran pemberat yang menahan pipa terlepas.

"Itu pipa lama di 2017 sudah putus sebagian, dan sebagian masih ada pemberat mungkin itu baru terlepas pemberat dasar laut makaya naik ke permukaan," kata Ansar, Senin (30/11/2020).

Ansar mengaku, PDAM telah mengetahui hal tersebut. Dan berjanji segera melepas pipa tersebut agar tidak menggangu transportasi.

"Jadi Insya Allah besok PDAM turun ke lokasi untuk potong pipa yang mengapung itu supaya menghindari kecelakaan laut," jelasnya.

Ansar bilang, saat ini, pulau Maitara sudah dialiri air bersih melalui program pengembangan dan optimalisasi tani, Balai Sumberdaya Air, dengan sumber air di Fobaharu.

"Distribusi kemudian dialihkan ke Rum Balibunga menuju Maitara dan berfungsi sampai sekarang," pungkasnya. (mg-06)


-

Peliput : Bambang Cahyadi

Editor   : Ikram