Razia Dadakan di Rutan, Satops Patnal Pas Menkumham Malut Temukan Barang Berbahaya

Hasil razia mendadak di Rutan Ternate. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku Utara melakukan razia mendadak di rumah tahanan negara (Rutan) kelas IIB Ternate tadi malam.

Razia diikuti 40 anggota dan 10 kepala UPT Pemasyarakatan se-Malut yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Malut, Teguh Wibowo selaku Koordinator Satops Patnal Pemasyarakatan itu dilakukan sehari setelah satuan itu dikukuhkan, Selasa (16/2/2021).

"Tujuan razia adalah mempersempit ruang gerak peredaran gelap narkoba dan potensi  gangguan keamanan dan ketertiban terutama HP serta benda-benda terlarang dan berbahaya lainnya,"kata Kadivpas.

Anggota satgas memeriksa seluruh kamar-kamar hunian serta tempat -tempat yang dicurigai lainnya dengan dikoordinasi oleh  Kepala Bidang Yantah dan Keamanan Andhi Yanriko M.

Hasilnya, ditemukan berupa sejumlah korek api gas, sendok, pisau dapur, alat perbengkelan, pemutar musik serta beberapa barang berbahaya lainnya seperti pecahan kaca, gunting kecil dan sebagainya.

Menurut Teguh, kegiatan razia seperti ini akan terus dilakukan diseluruh UPT Pas Malut disamping razia yang dilakukan oleh petugas UPT Pas  masing-masing pada waktu-waktu rawan, tempat-tempat rawan serta target rawan lainnya. "Ini untuk semakin menekan potensi gangguan kamtib serta peredaran gelap narkoba di Lapas dan Rutan di Maluku Utara,"tandasnya. (aby)



-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram