Disambangi Wartawan, Kepala BPKAD Tikep 'Pura-pura' Dipanggil Wali Kota

Kepala BPKAD Tikep, Mansur. (istimewa)

Tidore, malutpost.id -- Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Mansur berusaha mengindari wartawan dengan gelagat yang tidak pantas.

Pasalnya, kepala keuangan daerah itu mengaku, dipanggil Wali Kota Tikep, Capt Ali Ibrahim saat disambangi wartawan, Selasa (2/3/2021).

Peristiwa itu terjadi saat Mansur yang saat itu tengah bersantai di ujung kantornya didatangi stafnya untuk memberitahukan bahwa ada wartawan yang ingin bertemu.

Mendengar itu, Mansur meminta stafnya memberitahu wartawan bahwa dirinya dipanggil oleh wali kota. Dia lalu bergegas masuk ke mobilnya.

Padahal, ruangan wali kota berada di lantai dua gedung tersebut. Anehnya, Mansur justru mengendarai mobilnya keluar kantor wali kota.

Sedangkan wali kota saat itu sedang menerima kunjungan Danlanal Ternate bersama rombongan. ”Pak Wali sedang ada tamu dari Lanal Ternate,”kata salah satu staf.

Sikap mansur itu menuai sorotan dari praktisi hukum Maluku Utara, Muhammad Konoras.

Ko Ama sapaan Konoras mengatakan, sebagai pejabat publik semestinya mengutamakan pelayanan kepada masyarakat terutama memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab sesuai tugasnya.

Hal itu, kata Konoras, sesuai isyarat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Hak publik untuk mendapatkan informasi itu salah satu diantaranya adalah melalui pers atau wartawan, tidak kemudian ketika ditemui oleh wartawan justru menghindar dari wartawan,”paparnya.

Ia mengemukakan, jika pejabat publik selalu menghindari wartawan, maka hal itu sama saja membatasi hak publik apalagi memberi informasi secara tidak jujur.

Sebagai Koordinator Staf Khusus bidang Hukum, Pemkot Tidore Kepulauan, Muhammad Konoras berharap kepada wali kota dan wakil wali kota untuk menegur dan memberikan pembinaan kepada staf yang kadang menghindar dari wartawan.

“Karena wartawan adalah mitra dari pemerintah yang juga mensosialisasi program-program pemerintah,”kata Konoras.

“Terkait dengan menghindarinya Kaban Keuangan Pemkot Tikep yang enggan menemui wartawan itu sangat disayangkan, karena tugas wartawan mencari dan memberikan informasi,” tandasnya. (aby)


-

Peliput : Hasbi Konoras

Editor   : Ikram